03/02/2023 Sempat Huni Surga, Dahulu Ketaatan Iblis sebelum Dilaknat Patut Dicontoh | Jatim TIMES

Sempat Huni Surga, Dahulu Ketaatan Iblis sebelum Dilaknat Patut Dicontoh

Nov 07, 2021 08:45
Ilustrasi iblis (istimewa)
Ilustrasi iblis (istimewa)

Pewarta: Anggara Sudiongko | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Iblis dikenal sebagai makhluk pembangkang di muka bumi. Tidak hanya dirinya sendiri, iblis juga mengajak dan menjerumuskan manusia untuk mengingkari Allah SWT.

Iblis dengan segala tipu daya akan terus berupaya untuk menjerumuskan manusia agar masuk ke dalam neraka. Namun yang perlu diketahui, iblis dahulunya merupakan makhluk Allah yang sangatlah patuh.

Baca Juga : Perairan Jawa Bertabur Benda Masa Lampau Nyata maupun Termanivestasi

 

Namun akibat kesombongannya yang enggan menyembah Nabi Adam AS, membuat Allah melaknat iblis. Bahkan malaikat pun sempat menangis tatkala Allah melaknat iblis selamanya.

Dari channel Ensiklopedia Al Fatih, dijelaskan, malaikat menangis lantaran mengetahui jika dahulu iblis yang sebenarnya bernama Azazil merupakan makhluk yang begitu begitu taat kepada Allah dan begitu dihormati oleh para malaikat. 

Dahulunya iblis merupakan makhluk yang begitu taat. Bahkan iblis disebut sebagai salah satu mahluk ahli ibadah atau Al abid. Dalam kitab karangan Al Ghazali dijelaskan, iblis pernah tinggal di langit ketujuh karena ketaatannya. 

Setiap  1.000 tahun, maka iblis akan dinaikkan Allah ke langit selanjutnya. Pada langit pertama, iblis diberi julukan  Al Abis atau ahli ibadah. Setelah 1.000 tahun disana, Azazil kemudian dinaikkan ke langit kedua dengan julukan Az Zahid. 

Setelah 1.000 tahun beribadah, Allah kembali mengangkatnya ke langit ketiga. Dan di sana iblis mendapat julukan Al Arif. Pada langit keempat, namanya adalah Al-Wali, kemudian pada langit kelima, iblis disebut Al-Taqi. Di langit keenam namanya disebut Al Kazin dan di langit ketujuh ia disebut Azazil dan manakala dalam Luh Mahfudz namanya adalah iblis.

Bahkan karena begitu taatnya, Allah mengangkatnya ke derajat Al Muqarrabun, yaitu derajat tertinggi di sisi Allah. Lebih dari itu, Allah menobatkan Azazil sebagai imam para malaikat yang berkedudukan di langit. 

Dalam kitab hadis Sholawatul Kabul Akhbar dari Syaikh Taftazani bin Basyuni dijelaskan bahwa Allah memberikan mandat yang begitu mulia,yakni sebagai penjaga pintu surga selama 40 ribu tahun hidup bersama malaikat selama 80 ribu tahun.

Baca Juga : Bukti Nyata Campur Tangan Malaikat, Bisa Dilihat hingga Sekarang

 

Kemudian, iblis menjadi nasihat malaikat selama 20 ribu tahun hingga menjadi pemimpin malaikat karobiyyun selama 30 ribu tahun. Iblis juga melakukan tawaf mengelilingi srsy bersama mereka selama 14 ribu tahun.

Namun sayang, ibadah yang lama yang telah dijalani iblis tidak dihiraukan Allah setelah iblis enggan menaati perintahnya untuk bersujud kepada Nabi Adam. Hal itu dilatari dari rasa iri iblis karena Allah mengutus manusia menjadi pemimpin di bumi. Iblis menganggap dirinya lebih baik dan lebih taat kepada Allah.

"Dan (ingatlah peristiwa) ketika kami berfirman kepada malaikat: sujudlah kamu kepada Adam; maka mereka sujudlah melainkan iblis; Dia berkata: patutkah aku sujud kepada (makhluk) yang engkau jadikan dari tanah (yang diadun)" (Isra 61).

Iblis merasa dirinya lebih mulia dan hebat daripada Adam. Kesombongan itu kemudian membuatnya dilaknat Allah dan setelah itu, iblis diusir dari surga. Iblis  juga menjadi makhluk yang hina dan jadi musuh manusia. Wajah iblis yang tadinya cemerlang dan indah itu seketika berubah menjadi wajah yang buruk dan hina.

Iblis kemudian memohon kepada Allah agar ia ditangguhkan umurnya hingga hari kiamat. Ia bermaksud untuk menggoda anak cucu Adam agar menjadi pengikutnya. Iblis pun kemudian melaksanakan sumpahnya sendiri untuk menyesatkan anak cucu Adam hingga hari kiamat.

Judul berita Sempat Huni Surga, Dahulu Ketaatan Iblis sebelum Dilaknat Patut Dicontoh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Kisah iblis iblis

Berita Lainnya