10/12/2022 Peringati HSN 2021, Ponpes Al-Ibrohimy Galis Pamerkan Hasil Karya Seni Para Santri | Jatim TIMES

Peringati HSN 2021, Ponpes Al-Ibrohimy Galis Pamerkan Hasil Karya Seni Para Santri

Oct 25, 2021 21:09
Bupati bersama rombongan forkopimda saat menjajal motor modifikasi hasil karya santri Al-Ibrohimy yang pernah mewakili Indonesia di ajang motor custom Asia Tenggara di Thailand pada tahun 2015 dan menang kategori best concept di ajang Bangkok International Motor Show. (Foto: Istimewa) 
Bupati bersama rombongan forkopimda saat menjajal motor modifikasi hasil karya santri Al-Ibrohimy yang pernah mewakili Indonesia di ajang motor custom Asia Tenggara di Thailand pada tahun 2015 dan menang kategori best concept di ajang Bangkok International Motor Show. (Foto: Istimewa) 

Pewarta: Imam Faikli | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ibrohimy Galis, Bangkalan, tidak pernah absen dalam memperingati Hari Santri Nasional (HSN) setiap tahun. Kali ini Ponpes Al-Ibrohimy menyemarakkan HSN dengan konsep pameran karya seni dari para santrinya 

Turut hadir dalam semarak HSN Ponpes Al-Ibrohimy 2021 ini, bupati Bangkalan bersama rombongan Forkopimda Bangkalan, anggota DPRD Bangkalan dapil 4, anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dapil Madura, Muspika Kecamatan Galis, serta tokoh ulama dan tokoh masyarakat setempat. 

Baca Juga : Nelayan Jatim Geruduk Senayan Tuntut Keringanan Beban Pajak, NasDem Siap Fasilitasi

Ketua Pelaksana HSN Al-Ibrohimy 2021 Mujiburrohman mengatakan, rangkaian semarak HSN di Al-Ibrohimy ini dimulai sejak  22-25 Oktober 2021. "Kami mulai HSN ini sejak hari Jumat  22 Oktober  dengan melakukan upacara Hari Santri. Dan hari ini puncaknya yang dikemas dengan pameran karya seni para santri," ujarnya,  Senin (25/10/2021). 

Sebelum puncak peringatan HSN, para santri mengikuti beberapa lomba yang diselenggarakan panitia selama empat hari berturut-turut. Antara kain lomba baca kitab kuning. Lalu diakhiri dengan pembacaan salawat serta pameran karya seni para santri. 

Sementara itu, pengasuh Ponpes Al-Ibrohimy KH Ibrohim Muchlis (Gus Baim) mengatakan, peringatan Hari Santri setiap 22 Oktober merupakan moment penting untuk mengenang peran dan daya juang santri dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia. 

Selain itu, dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, Ponpes Al-Ibrohimy akan terus mendorong para santrinya agar lebih kreatif, aktif, dan inovatif. Tujuannya, kaum santri bisa menjadi sumber daya manusia (SDM) yang unggul namun tetap menyeimbangkan kecerdasan intelektual yang berbasis keagamaan. 

Bahkan, Gus Baim mengaku, dalam setiap tahun, dia memiliki program yang fokus terhadap pengembangan dan meningkatkan pengetahuan santri sehingga santri Al-Ibrohimy bisa bersaing dan unggul. 

Tidak hanya itu. Dalam semarak HSN ini, hasil karya seni santri Al-Ibrohimy, salah satunya kaligrafi, langsung diborong oleh bupati dan anggota DPRD Jatim. "Alhamdulilah karya seni atau kaligrafi santri sudah dilelang dan laku jutaan rupiah, dibeli bupati dan anggota DPRD Jatim. Ini suatu kebanggaan bagi pengasuh," ungkap Gus Baim. 

Baca Juga : Gubernur Khofifah Indar Parawansa Ingatkan Pesan Bung Karno saat Hadiri Peringatan Maulid Nabi

Apresiasi pun datang dari Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron (Ra Latif). Menurut dia, para santri Al-Ibrohimy ternyata memiliki keterampilan dan kreativitas yang luar biasa. Buktinya, para santri di sini bisa menghasilkan berbagai karya seni. 

"Saya bersama forkopimda terkesima dengan karya santri di pameran ini. Ternyata santri di sini tidak hanya mendalami ilmu agama, namun juga memiliki kreativitas yang luar biasa. Kami berharap santri Al-Ibrohimy tetap mencetak kader kreatif dan mandiri, mencetak santri untuk bangsa Indonesia yang maju dan bangsa sejahtera," ucap  Bupati Ra Latif usai melihat hasil karya seni para santri. 

Sekadar diketahui, hasil karya seni para santri Al-Ibrohimy di antaranya lukisan kiai NU, lukisan pahlawan nasional, maket/miniatur, topeng, kerajinan dari bahan limbah. Dan yang tidak kalah menariknya, ada motor modifikasi yg pernah mewakili Indonesia di ajang Motor Custom Asia tenggara di Thailand pada tahun 2015 dan menang kategori Best Concept di ajang Bangkok International Motor Show.

Judul berita Peringati HSN 2021, Ponpes Al-Ibrohimy Galis Pamerkan Hasil Karya Seni Para Santri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Ponpes Al Ibrohimy Bangkalan hari santri nasional

Berita Lainnya