BUMDesa Larasati Kendalbulur Sabet Penghargaan Terbaik Tingkat Jatim | Jatim TIMES

BUMDesa Larasati Kendalbulur Sabet Penghargaan Terbaik Tingkat Jatim

Oct 13, 2021 19:53
Kades Kendalbulur Anang Mustofa saat menerima penghargaan Terbaik dari Pemprov Jatim atas prestasi BUMDesa Larasati / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES
Kades Kendalbulur Anang Mustofa saat menerima penghargaan Terbaik dari Pemprov Jatim atas prestasi BUMDesa Larasati / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

JATIMTIMES - Pemerintah Desa (Pemdes) Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung memberikan apresiasi penghargaan BUMDesa 2021 tingkat Jawa Timur yang dimenangkannya. Seperti diketahui, Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Larasati Kendalbulur telah menerima penghargaan dari Pemprov Jatim sebagai BUMDesa Terbaik

"Kita sangat mengapresiasi penghargaan ini sebagai BUMDesa terbaik tahun 2021 di Provinsi Jatim," kata Kepala Desa Kendalbulur Anang Mustofa, Rabu (13/10/2021). 

Baca Juga : Antusiasme Tinggi, Pemkot Kediri Adakan Kelas Edukasi Shopee Batch 2

Bagi Pemdes Kendalbulur, prestasi yang diraih merupakan buah dari kerja keras dan sinergitas pengelola. "Tentunya ini sebuah kebanggaan atas kerja keras mengelola BUMDesa. Kita jadikan ini sebagai semangat bagi seluruh pengurus untuk terus berkarya, bekerja secara profesional," ujarnya. 

Pada prinsipnya lomba BUMDesa, menurut Anang yang juga Ketua Forum Komunikasi Pemerintah Desa (FKPD) Kabupaten Tulungagung ini, juga bagian dari pembinaan dan pemeriksaan atas kinerja pengurus. 

"Pemeriksaan kelembagaan usaha seperti Perdes, AD/ART, laporan keuangan dari 2019 sampai 2020. Yang juga penting dampak terhadap desa pasca berdirinya Bumdesa, yaitu penyerapan tenaga kerja, tumbuhnya ekonomi baru warga dan peningkatan pendapatan asli desa," ungkapnya. 

Pendapatan asli desa (PADesa) dari usaha BUMDesa ini kemudian dimasukkan APBDes sesuai regulasi yang ada. "Diantaranya sesuai RKPDesa 2020 kita buat program subsidi pertanian, di mana awal tahun ini ada pembagian 619 paket benih padi ke petani dan subsidi PBB rumah hunian warga," terangnya. 

Baca Juga : Liga 3 Zona Jatim Kurang Satu Bulan, Isdiantono Pelatih Persewangi Siap Terima Tantangan

Seperti diketahui, tiga desa di Tulungagung yaitu Desa Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu, Desa Suruhan Lor, Kecamatan Bandung dan Desa Ngunut, Kecamatan Ngunut berhasil menyabet juara dalam perlombaan tingkat Provinsi Jawa Timur.

Untuk Desa Kendalbulur mendapatkan penghargaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) terbaik di Propinsi Jawa Timur. Pelaksanaan penerimaan penghargaan lomba tingkat Provinsi Jawa Timur bertempat di Hotel Harris Surabaya, Senin (11/10/2021) malam lalu. Pemberiaan penghargaan dilakukan langsung oleh Kepala DPMD Provinsi Jawa Timur Soekaryo.

Topik
bumdes larasati kendalbulur bumdesa terbaik jatim kades kendalbulur

Berita Lainnya