Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Gara-Gara Pandemi Covid-19, Biaya Umroh Naik 50 Persen 

Penulis : Imam Faikli - Editor : Dede Nana

12 - Oct - 2021, 19:20

Placeholder
Tampak salah seorang saat hendak mau masuk ke Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Bangkalan (Foto: Imam/JatimTIMES) 

JATIMTIMES - Pandemi Covid-19 sangat berdampak terhadap keberlangsungan hidup manusia, baik secara ekonomi, sosial, dan lain sebagainya. Selain itu, pandemi juga berdampak terhadap pembiayaan ibadah umroh ke Saudi Arabia. 

Seperti yang dijelaskan oleh Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangkalan Wafir yang menyampaikan, pembiayaan ibadah umroh 2021 mengalami kenaikan. 

Baca Juga : Pembebasan Retribusi Pasar Diapresiasi, Ini Kata Komisi B DPRD Kota Malang

biaya-umroh-0357bbfeda12a48736.png

Sebab, pada masa pandemi ini, para jamaah harus membayar biaya protokol kesehatan (prokes). "Sebelumnya, biaya ibadah umroh itu kisaran Rp 25 juta, setelah adanya wabah pandemi Covid-19, biaya umroh mengalami kenaikan kisaran 50 persen, yakni menjadi Rp 50 juta," jelas Wafir saat ditemui, Selasa (12/10/2021). 

Selain itu, kata Wafir, naiknya biaya umroh tahun ini karena jamaah umroh dari Indonesia tidak diperbolehkan langsung terbang ke Saudi Arabia. Sehingga jamaah umroh  dikenai pembiayaan asuransi dan biaya transit di negara ketiga. 

"Selama transit di negara ketiga, jemaah umroh wajib melakukan karantina selama 14 hari. Selama itu (biayanya) semuanya dibebankan kepada jemaah," tuturnya. 

Tidak hanya itu, dalam proses penerbangannya saja saat ini harus 50 persen mematuhi prokes. Semula pesawat berisi penumpang 450 orang, setelah pandemi ini hanya bisa diisi sebanyak 225 orang penumpang. 

"Lain lagi di hotelnya. Biasanya satu kamar bisa sumbangan 4 orang, sekarang hanya bisa untuk 2 orang. Tapi bergantung fasilitasnya, makanya ini yang bikin mahal," tandasnya. 

Baca Juga : Gandeng IKIP Budi Utomo dan PWI Malang Raya, Polresta Malang Kota Distribusikan 1.000 Dosis Vaksin Sinovac

 

Sebelum pandemi melanda, biaya umroh Rp 25 juta dalam satu paket. Pasalnya, jemaah umroh tidak dilakukan transit selama berhari-hari. Berhubung saat ini masih kondisi pandemi, jemaah umroh hanya diperkenankan satu kali umroh saja, tidak seperti tahun tahun sebelumnya. 

"Sebelumnya jemaah umroh itu bebas. Sehari mau 5 kali tidak menjadi masalah," ucap Wafir. 

Sekedar diketahui, saat ini tidak ada jemaah umroh yang berangkat karena selain biayanya terlalu mahal juga banyaknya aturan yang harus terpenuhi. Salah satunya jamaah harus vaksin Jhonson. selain itu jika ada yang terpapar maka harus ditinggal dan menjalankan isolasi mandiri di sana.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imam Faikli

Editor

Dede Nana