Pencuri Mobil Boks yang Lompat ke Sungai Brantas, Kini Sudah Ditahan | Jatim TIMES

Pencuri Mobil Boks yang Lompat ke Sungai Brantas, Kini Sudah Ditahan

Oct 08, 2021 16:23
Pelaku pencurian mobil boks yakni Dani Setiawan (tengah) yang nekat lompat ke Sungai Brantas di dekat kawasan Pasar Splendid Kota Malang, Kamis (7/10/2021). (Foto: Istimewa)
Pelaku pencurian mobil boks yakni Dani Setiawan (tengah) yang nekat lompat ke Sungai Brantas di dekat kawasan Pasar Splendid Kota Malang, Kamis (7/10/2021). (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Pelaku pencurian mobil boks yakni Dani Setiawan (19) warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang yang sempat viral karena nekat melompat ke Sungai Brantas saat ini sudah ditahan di Mapolresta Malang Kota. 

Hal itu diungkapkan oleh Kasat Reskrim Polresta Malang Kota Kompol Tinton Yudha Riambodo kepada JatimTIMES.com saat dihubungi melalui saluran telepon. 

Baca Juga : Buntut Pesta Ulang Tahun Anaknya, Kades di Tulungagung Dituntut Bayar Denda Akibat Langgar Prokes 

 

"Iya, itu kita tangkap karena terlibat pencurian mobil boks. Saat ini ditahan di Mapolresta Malang Kota," ungkap perwira yang akrab disapa Tinton, Jumat (8/10/2021). 

Pelaku yang sempat membuat geger warga di kawasan Pasar Splendid Kota Malang ini karena ia nekat melompat dari Jembatan Jalan Majapahit ke Sungai Brantas. Sempat terseret arus sungai sejauh 25 meter, beruntung nyawa pelaku masih dapat tertolong berkat bantuan warga dan tim penyelamat yang datang ke tempat kejadian perkara (TKP).

Berdasarkan data yang dihimpun oleh JatimTIMES.com, pelaku Dani Setiawan nekat melompat ke Sungai Brantas seusai mengemudikan mobil boks warna putih berjenis Isuzu Elf dengan nomor polisi L-8128-VK dengan kecepatan tinggi menabrak salah satu tiang listrik di Jalan Majapahit, Kota Malang pada Kamis (7/10/2021) sekitar pukul 10.00 WIB. 

Hal itu membuat mobil boks hasil curian Dani Setiawan mengalami penyok parah dibagian kiri bodi mobil, lampu depan mobil pecah dan kaca depan yang mengalami pecah keseluruhan. 

Kondisi mobil boks yang menabrak tiang listrik saat dikemudikan pelaku.

Ternyata mobil boks warna putih yang dikemudikan oleh Dani Setiawan tersebut merupakan mobil boks hasil curian yang membuat Dani lari ketakutan hingga nekat melompat ke Sungai Brantas. 

"Dia nyuri di daerah Gatot Subroto Klojen dan dia lari ke sungai untuk menghindari kejaran warga," ujar Tinton. 

Dari hasil penyidikan, pelaku mengakui telah mencuri mobil boks tersebut. Selain itu, pada saat kejadian, pelaku menemukan mobil boks tersebut tidak ada yang menjaga dengan kondisi kunci tertancap di bagian kemudi.

Baca Juga : Bukan "Nyolong Timun", Kancil di Tulungagung ini Justru Edarkan Sabu dan Pil Dobel L 

 

"Itu kunci terpasang (di mobil boks), jadi dia (pelaku) memang ada kesempatan (untuk mencuri mobil boks)," tutur Tinton. 

Sementara itu, penguatan pernyataan bahwa Dani Setiawan merupakan pelaku pencurian mobil boks juga datang dari Kanit Laka Polresta Malang Kota Iptu Saiful Ilmi yang juga sempat melakukan olah TKP di tempat mobil boks tersebut menabrak tiang listrik. 

Di mana anggota Satlantas Polresta Malang Kota yang berjaga di Pos Lantas Klenteng mendapat laporan dari pemilik mobil boks bahwa mobil boksnya hilang dan baru saja dicuri. 

"Saat ditelusuri, nopol truk yang hilang dicuri itu ternyata sama dengan nopol truk yang terlibat laka tunggal di Jalan Majapahit," ungkap Saiful. 

Berdasarkan pengumpulan bukti-bukti petunjuk dan pengakuan pelaku, jajaran Satreskrim Polresta Malang Kota pun akhirnya melakukan penahanan terhadap pelaku. Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 362 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan ancaman hukuman paling lama lima tahun kurungan penjara.

Topik
Kasus Pencurian Polresta Malang Kota Berita Kriminal Kota Malang

Berita Lainnya