Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Optimalkan Museum Kereta Api, Pemkab Bondowoso Wacanakan Pemulangan Gerbong Maut 

Penulis : Abror Rosi - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

08 - Sep - 2021, 07:45

Placeholder
Menumen gerbong maut di Alun-alun Bondowoso (Foto: Abror Rosi/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten Bondowoso mewacanakan pemulangan Gerbong Maut yang asli ke Bondowoso. Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat mengatakan, ketika gerbong asli ada di Bondowoso, maka akan menjadi penunjang daya tarik meseum kereta api yang kini juga dikembangkan sebagai pusat kuliner.

Wabup Irwan mengatakan, selain menampilkan foto-foto sejarah perkeretaapian, ia ingin agar Gerbong Maut yang saat ini berada di Museum Brawijaya Malang dipindah ke Stasiun Bondowoso untuk menjadi ikon.

Baca Juga : Pemkab Pamekasan Fasilitasi Swab Antigen Gratis bagi CASN 2021

"Karena Bondowoso terkenal Gerbong Maut, ya gerbongnya bisa dipindah di sana. Kalau hanya museumnya yang ditonjolkan banyak orang nggak berkunjung ke sana. Apalagi yang dipamerkan hanya itu-itu saja,” jelas Wabup Irwan, Selasa (07/09/2021).

Namun diakuinya, bahwa upaya memulangkan Gerbong Maut tidaklah mudah. Dibutuhkan waktu untuk memprosesnya dan harus melalui birokrasi antar pihak terkait. 

"Untuk pemindahan harus melakukan diplomasi, birokrasinya juga harus kita dilalui dengan museum yang ada di Malang,” paparnya.

Keinginan memulangkan Gerbong Maut yang menjadi bagian dari sejarah berdirinya Kota Tape merupakan impian banyak masyarakat. Karena selama ini, masyarakat di kota ini hanya bisa melihat Gerbong Maut berupa replika yang berdiri di depan kantor pemerintah daerah setempat.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kabupaten Bondowoso akan bekerjasama dengan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daop IX Jember untuk mengoptimalkan keberadaan Stasiun Kereta Api yang juga berfungsi sebagai museum tersebut sebagai salah satu objek wisata kuliner. 

Baca Juga : Inovasi Baru, 5 Mahasiswa UM Ciptakan Monitoring Fermentasi Berbasis IoT

Wakil Irwan menerangkan, tidak hanya menonjolkan sektor wisata sejarah, optimalisasi stasiun mengutamakan pembangunan sarana dan prasarana kuliner untuk menambah daya tarik pengunjung. Gagasan tersebut rupanya juga menjadi konsep dari PT. KAI.

“Sehingga bukan hanya stasiun, tapi di sana juga ada pusat kuliner yang nanti menjadi destinasi wisata. Kita menawarkan kerja sama dengan pemerintah daerah utamanya dengan Diskoperindag dan Dinas Pariwisata,” paparnya. 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Abror Rosi

Editor

Sri Kurnia Mahiruni