Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Risma Siapkan Rusun PMKS, Biaya Sewa Cuma Rp 10 Ribu Per Bulan

Penulis : Desi Kris - Editor : Yunan Helmy

18 - Aug - 2021, 07:36

Placeholder
Menteri Sosial Tri Rismaharini (Foto: jpnn)

INDONESIATIMES - Menteri Sosial Tri Rismaharini kembaki membuat gebrakan baru. Diketahui, Risma kini tengah membuat rumah susun (rusun) bagi masyarakat penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

Risma menjelaskan, pihaknya berencana membangun rusun di 6 daerah di Indonesia. PMKS yang menempati rusun itu nantunya akan membayar hanya senilai Rp 10 ribu per bulan.

Baca Juga : Kegunaan Fitur 'Usul' dan 'Sanggah' Pada Aplikasi Cek Bansos yang Baru Diluncurkan Mensos Risma

"Tahun depan rencana kita bangun 6 blok rusun di seluruh Indonesia. Insya Allah (sewanya) Rp 10 ribu per bulan," ujar Risma.

Sebagai informasi, PMKS terbagi dalam beberapa kategori. Di antaranya gelandangan, pengemis, anak terlantar di jalanan, atau kelompok lainnya yang kesulitan menjalani kehidupan sosial.

Lebih lanjut, Risma mengaku para PMKS ini akan ditempatkan di rusun agar mereka lebih mudah mengakses program pemerintah, seperti program bantuan sosial (bansos). 

Adapun 6 daerah yang rencananya akan dibangun rusun ialah Medan, Solo, Makassar, Padang, Palembang, dan Jakarta. "Kami akan lakukan survei lebih dulu karena nanti harga sewanya kan murah sekali," kata mantan wali kota Surabaya itu.

Baca Juga : Dinilai Mampu Bina Koperasi, Bupati Malang Dapat Penghargaan Dari Gubernur Jatim

Sebelumnya Risma memang sempat berjanji membangun rusun untuk tunawisma di Bekasi. Lokasi rusun tersebut ada dalam kawasan Rehabilitasi Sosial eks Gelandangan dan Pemulung (BRSEGP) Pangudi Luhur, Bekasi.

Selain di Bekasi, Risma juga mengatakan akan membangun satu rusun untuk PMKS di Jakarta yang akan selesai tahun ini. Namun kedua rusun itu hingga kini masih dalam tahap pembangunan.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Yunan Helmy

Pemerintahan

Artikel terkait di Pemerintahan