Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Whatsapp Miliki Fitur Cepat Pesan Belanjaan ke Pasar Terdekat, Begini Caranya

Penulis : Desi Kris - Editor : Pipit Anggraeni

03 - Jul - 2021, 11:40

Placeholder
WhatsApp (Foto: BBC)

INDONESIATIMES -  WhatsApp rupanya benar-benar memanjakan penggunanya. Saat ini WhatsApp disebut telah memiliki fitur baru di Indonesia. 

Fitur baru ini digunakan untuk memudahkan pengguna chat dan berbelanja dari pedagang pasar terdekat. Pengguna cukup chat ke chatbot Whatsapp "Pasar JuWAra".

Baca Juga : Sejumlah Perjalanan Kereta Api Menuju Kota Malang Dibatalkan Selama PPKM Darurat, Cek Cara Ambil Uang Tiket Di Sini!

Pengguna tinggal memilih lokasi dan nanti akan diarahkan agar bisa chat dan memesan belanjaan dari pedagang pasar terdekat. Pedagang yang sudah terhubung dengan pembeli akan memberikan katalog jualan mereka dan pembeli tinggal memesan barang belanjaan yang diinginkan. 

Untuk diketahui, program "Pasar JuWAra" ini ternyata sudah dimulai sejak bulan April lalu. Saat ini terdapat 1.130 pedagang dari 66 pasar di 25 kota Indonesia telah menjalani pelatihan WhatsApp Business dan mulai berdagang via WhatsApp. 

Hal ini juga terjadi karena situasi pandemi, sehingga menyebabkan omzet pedagang pasar tradisional turun.

"Kita perlu bekerja sama membantu usaha ini tetap bertahan, salah satunya dengan program 'Pasar JuWAra' yang diinisiasi oleh WhatsApp dan UKM Indonesia," ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. 

Berikut langkah, berbelanja di pasar via Whatsapp:

1. Untuk mencari pedagang terdekat, chat ke 087775313357atau klik tautan wa.me/6287775313357 di WhatsApp dan menyapa "hai".

2. Pengguna lalu diberi opsi untuk memilih pedagang berdasarkan lokasi atau kategori produk.

Baca Juga : Syarat Perjalanan ke Kota Malang Selama PPKM Darurat, Aturan SE ini Wajib Diketahui!

3. Jika memilih berdasarkan lokasi, ketik 1 lalu bagikan lokasi dengan mengklik tanda klip disebelah tanda kamera, dan pilih share my current location.

4. Pengguna akan diberikan link agar langsung terhubung kemudian diminta untuk memilih kategori produk dan membagikan lokasi untuk bisa melihat daftar pedagang paling relevan serta nomor WhatsApp Business mereka.

5. Setelah terhubung dengan pedagang, pengguna akan langsung masuk ke katalog dari Whatsapp Business pedagang dan bisa langsung memasukkan ke keranjang belanja.

Sepanjang Mei, WhatsApp telah bekerja sama dengan UKM Indonesia untuk mendorong masyarakat berbelanja dari pedagang pasar tradisional lewat WhatsApp dan membantu perekonomian Indonesia. Dalam hal ini, fasilitator lokal melatih dan mendampingi para pedagang agar dapat menyiapkan akun WhatsApp Business mereka.


Topik

Tekno



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Pipit Anggraeni