Bangkitkan Dunia Wisata, Wabup Jember Perkenalkan Wisata Jelajah Alam Boma | Jatim TIMES

Bangkitkan Dunia Wisata, Wabup Jember Perkenalkan Wisata Jelajah Alam Boma

Jun 19, 2021 16:21
Wakil Bupati Jember KH. MB Firjaun Barlaman saat foto bersama Duta Wisata Jember dengan backgroun kereta uap pasca peresmian destinasi wisata jelajah alam (foto : istimewa / Jatim TIMES)
Wakil Bupati Jember KH. MB Firjaun Barlaman saat foto bersama Duta Wisata Jember dengan backgroun kereta uap pasca peresmian destinasi wisata jelajah alam (foto : istimewa / Jatim TIMES)

JEMBERTIMES – Wakil Bupati Jember KH. MB Firjaun Barlaman, Sabtu (19/6/2021) meresmikan destinasi Wisata Jelajah Alam Boma di Gunung Pasang Kecamatan Panti Jember. Acara ini diikuti oleh 100 orang dari komunitas Photography, Komunitas Instagram dan Bloger dari berbagai daerah mulai Jakarta, Situbondo, Bondowoso Banyuwangi, Blitar dan Jember.

Dalam kesempatan tersebut Firjaun mengatakan, peresemian destinasi wisata jelajah alam ini merupakan wujud Pemkab Jember dalam membangkitkan gairah pariwisata di bumi Pandhalungan Jember.

Baca Juga : Kapolres Tuban Ruruh Pamit, Diganti Darman

“Kegiatan ini merupakan langkah awal yang bagus untuk gairah pariwisata di Jember, serta bisa membangkitkan ekonomi lokal, secara teori, dimana ada orang berkumpul, disitu pasti ada pergerakan ekonomi,” ujar Gus Firjaun panggilan KH. MB Firjaun Barlaman saat memberikan sambutan.

Pria yang akrab disapa Gus Firjaun itu juga menyatakan, Pemkab Jember sudah menyampaikan kepada Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Kreatif tentang Jember yang akan memperkenalkan kepada dunia dalam agenda Kementerian Periwisata di berbagai kegiatan Internasional.

Meski di tengah pandemi, Pariwisata tidak boleh lumpuh. Sehingga pemerintah akan terus menggenjot sektor pariwisata, meski dengan segala keterbatasan karena covid-19. 

"Dengan protokol kesehatan, dan jumlah peserta yang dibatasi 100 orang ini, sangat bagus sekali, untuk memancing pengunjung, supaya wisata Jember bangkit, wes wayae Jember Bangkit ” tandasnya.

Sementara itu, PLT Kadisparbud Pemkab Jember Deborah Krenowati dalam kesempatan tersebut mengatakan, bahwa destinasi wisata jelajah alam dan Funcamp yang berlokasi di Boma Pegunungan Gunung Pasang ini bisa juga sebagai wisata sejarah.

Baca Juga : Unik, Anggota Polres Malang Gowes Gunakan Seragam Polisi Jadul

Hal ini ditandai dengan adanya lokomotif mesin uap warisan budaya tempo dulu di lokasi tersebut. Hal itu menandakan jika dulunya pernah ada peradaban yang tidak boleh dilupakan oleh generasi muda saat ini.

“Bahwa, disini pernah juga ada kehidupan dan kesuksesan, oleh karena itu perlu kita dulang kembali, agar kita mengingat kembali sejarah, itu salah satu tujuan dari wisata jelajah ini,” ungkapnya.

Menurutnya, selama pandemi ini banyak tempat wisata yang mengalami penurunan jumlah pengunjung. Sehingga roda ekonomi tidak berjalan, “Jadi bentuk kegiatan jelajah wisata and Funcamp, supaya kita mencintai Jember dan bersahabat dengan alam,” pungkas Debora.

Topik
Destinasi Wisata jelajah alam Pemkab Jember

Berita Lainnya