Gowes dan Sosialisasi Covid-19, Cara FKUB Jember Jalin Kebersamaan | Jatim TIMES

Gowes dan Sosialisasi Covid-19, Cara FKUB Jember Jalin Kebersamaan

Jun 19, 2021 10:56
Dandim 0824 Jember Letkol Inf La Ode M. Nurdin saat membagikan masker kepada pengendara di sela-sela acara gowes bersama FKUB (foto: Samsul/JatimTIMES)
Dandim 0824 Jember Letkol Inf La Ode M. Nurdin saat membagikan masker kepada pengendara di sela-sela acara gowes bersama FKUB (foto: Samsul/JatimTIMES)

JEMBERTIMES - Banyak cara dilakukan  jajaran Forkopimda Jember dalam sosialisasi pencegahan penyebaran covid-19 di Jember. Salah satunya dengan olahraga gowes (seoeda santai) bersama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Tidak hanya sekadar olahraga. Selama di perjalanan jalur gowes, Forkopimda Jember dan FKUB juga membagikan masker kepada warga yang abai akan protokol kesehatan. Mereka juga mengimbau kepada masyarakat akan bahayanya virus covid-19 varian baru dari India.

Baca Juga : Cegah Penyebaran Covid-19, Vaksinasi Massal di Terminal Ketapang Sampang

"Kegiatan gowes bersama  kali ini merupakan yang kedua. Selain untuk menjaga kerukunan dan kebersamaan antarumat beragama, kami juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang kami temui di jalan yang abai prokes dengan tidak mengenakan masker. Mereka kami beri masker untuk dipakai ketika beraktivitas di luar rumah," ujar Dandim 0824 Jember Letkol Inf La Ode M. Nurdin Sabtu (19/6/2021) saat tiba di tempat finis yang dipusatkan di kantor DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Jember.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua FKUB Kabupaten Jember KH Abdul Muis bahwa kegiatan gowes merupakan bagian dari upaya FKUB dalam menjaga kerukunan dan menyinergikan perbedaan antarumat di Kabupaten Jember. Terlebih di masa pandemi, peran tokoh yang ada di FKUB sangat dibutuhkan dalam mengedukasi masyarakat dalam mencegah penyebaran covid.

"Kegiatan gowes ini banyak sekali manfaatnya. Selain ketika di perjalanan bisa mengedukasi masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan,  juga bagian dari ikhtiar menjalin silaturahmi antarumat beragama. Apalagi di Kabupaten Jember potensi adanya gesekan sangat terbuka. Sehingga diperlukan adanya silaturahmi dan kegiatan seperti ini akan kami agendakan sebulan sekali," ujar Muis.

H Ahmad Malik Afandi selaku tuan rumah sekaligus ketua LDII Kabupaten Jember, dalam kesempatan yang sama menyambut baik kegiatan yang melibatkan semua unsur agama. Hal ini sebagai wujud adanya kebersamaan yang dijalin di Kabupaten Jember.

"Kami menyambut baik acara ini. Apalagi kegiatan ini sudah diagendakan rutin tiap bulan. Dan kita sadari di era pandemi seperti sekarang ini, dibutuhkan kebersamaan dalam memerangi wabah covid 19. Para tokoh yang tergabung dalam FKUB bisa menggunakan perannya dalam memberikan edukasi kepada umat,' ujar Mas Malik, panggilan Ahmad Malik Afandi.

Baca Juga : Patroli Malam, Petugas Gabungan TNI-Polri Tuban Temukan Pengunjung Pusat Perbelanjaan Langgar Prokes

Sementara Kepala Bakesbangpol Pemkab Jember  Sigit Akbari yang ikut serta dalam gowes tersebut berharap kegiatan semacam ini terus berlangsung dengan tuan rumah buang berbeda beda.

"Gagasan gowes silaturrahmi ini sangat baik. Apalagi diagendakan satu bulan sekali dengan tuan rumah yang berbeda-beda. Selain bisa merukunkan umat beragama yang ada di Jember, juga menjaga kesehatan tubuh, dan bulan depan saya usul finis digelar di kantor Bakesbangpol," pungkas Sigit Akbari.

Ikut dalam acara gowes tersebut, diantaranya Wakapolres Jember Kompol Kadek Ary Mahardika, jajaran staf dari Polres Jember, dandim 0834 Jember, Pemkab Jember serta tokoh dari berbagai agama yang ada di Jember. Gowes ini sendiri mengambil start dari markas Kodim 0824 Jember, kemudian menyusuri kawasan kampus di Tegal Boto Sumberssri dan finis di kantor DPD LDII di Patrang Jember. 

Topik
Forkopimda Jember Gowes Bersama Berita Jember

Berita Lainnya