08/12/2022 Cakades Kurang Peserta Satu Desa, Panitia Buka Perpanjangan Pendaftaran | Jatim TIMES

Cakades Kurang Peserta Satu Desa, Panitia Buka Perpanjangan Pendaftaran

Jun 15, 2021 20:47
Herdy Heriyanto, Ketua Panitia Pilkades Desa Licin Banyuwangi (Istimewa)
Herdy Heriyanto, Ketua Panitia Pilkades Desa Licin Banyuwangi (Istimewa)

Pewarta: Nurhadi Joyo | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

BANYUWANGITIMES- Dari 8 desa di wilayah Banyuwangi yang akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Desa Tegalarum Kecamatan Sempu dilakukan perpanjangan pendaftaran 20 hari karena sampai batas akhir pendaftaran hanya 1 Calon Kepala Desa (Cakades) yang mendaftar. Sedangkan Desa Gambiran Kecamatan Gambiran Banyuwangi jumlah pesertanya tercatat paling banyak 9 calon.

M Norawi, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Desa (Tapemdes) Setda Kabupaten Banyuwangi, Cakades lain  yang  sudah ditetapkan adalah Desa Buluagung Kecamatan Siliragung  terdaftar 5 calon. Desa Kedunggebang Kecamatan Tegaldlimo 6 calon. Selanjutnya Desa Sumbersari Kecamatan Srono tecatat 3 calon dan Kecamatan Licin ada dua desa yaitu Desa Licin 4 peserta dan Desa Jelun tercatat 5 cakades. Kemudian untuk Desa Sumberanyar Kecamatan Wongsorejo  ada 3 calon.

Baca Juga : Gerah Oknum LSM Gunakan Sipede Untuk Lapor ke APH, Bupati Tulungagung Bersurat ke Kemendes

Menurut dia saat ini dana pelaksanaan Pilkades serentak masih dalam proses di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi. ”Dalam upaya mendukung kelancaran dan kesukesan kami terus melakukan keliling desa-desa setiap desa memasang informasi tahapan dalam pilkades,” jelas Norawi pada Selasa (15/06/2021).

Sementara Herdy Heriyanto, Ketua Panitia Pilkades Desa Licin Kecamatan Licin Banyuwangi mengungkapkan untuk persiapan pelaksanaan Pilkades di desanya tidak ada kendala. ”Kami telah melalui kegiatan sesuai tahapan yang telah ditetapkan dan sekarang sudah masuk pada tahapan penetapan bakal calon yang lolos administrasi yang jumlahnya 4  calon,” jelasnya.

Herdy menuturkan salah satu kendala yang dihadapi oleh panitia Pilkades terkait belum cairnya dana APDB Kabupaten Banyuwangi informasinya masih menunggu Peraturan Bupati (Perbup).

Selanjutnya solusi yang diambil oleh panitia terkait anggaran pilkades agar bisa berjalan untuk sementara menggunakan dana talangan baik dari dana pribadi maupun dana talangan dari pemerintah desa.

Berdasarkan data pada tahapan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) untuk Desa Licin tercatat 3. 200 pemilih. Dengan rincian pria 1.536 dan sisanya pemilih wanita.

Baca Juga : Ketua Dewas Perumda Tirta Kanjuruhan: Dewas Unsur Independen Tak Harus Miliki Kompetensi Bidang yang Diawasi

Kemudian untuk mengoptimalkan kehadiran warga menggunakan hak pilih mereka, menurut Herdy karena ada TPS yang lokasinya di dusun terpencil seperti; Dusun Glondok, Panggang dan Blimbingsari. Maka panitia akan menyiapkan armada untuk menjemput warga dari rumahnya menuju ke TPS.

Sedangkan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya tindak kecurangan dalam pilkades panitia Pilkades Desa Licin di dusun membetuk tim relawan bekerjasama dengan kepala dusun setempat.

“Bahkan ada kepala dusun yang menyiapkan hadiah uang Rp 350 ribu perorang apabila  menemukan praktik money politik dalam pilkades di Desa Licin,” tegasnya.

Judul berita Cakades Kurang Peserta Satu Desa, Panitia Buka Perpanjangan Pendaftaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Pilkades Banyuwangi

Berita Lainnya