26/11/2022 Penyebab Laptop Tidak Menyala yang Beragam, Berikut Ini Penjelasannya | Jatim TIMES

Penyebab Laptop Tidak Menyala yang Beragam, Berikut Ini Penjelasannya

Jun 15, 2021 10:31

Pewarta: Redaksi | Editor: Redaksi

JATIMTIMES - Penyebab laptop tidak menyala pada kenyataanya bisa disebabkan oleh beberapa hal yang dapat mempengaruhinya. Semua Laptop pasti akan mengalami masa-masa tersebut, bukan hanya yang memiliki harga murah, tetapi juga menawarkan berbagai macam keunggulan dengan harga mahal sekalipun. Untuk itu, ketika menggunakannya pun kita harus menyertakan unsur kehati-hatian supaya bisa bertahan lama.

Mengutip https://angkasa.co.id/, laptop yang sangat sering digunakan juga mengakibatkan mati tiba-tiba. Alangkah lebih baiknya jika penggunaan laptop tersebut secara berkala. Bagi yang memiliki laptop dengan kondisi yang sudah rusak atau bahkan pernah mati total, bukan tidak mungkin jika produktivitasnya akan menurun. Ketika Anda menghadapi keadaan laptop yang mati total, pastinya juga akan melakukan berbagai macam cara supaya bisa hidup kembali. Salah satunya adalah dengan membawa ke tempat service.

Beberapa Penyebab Laptop Tidak Menyala yang Harus Anda Pahami

Baca Juga : Efek dan Tantangan Pembelajaran Sekolah di Masa Covid-19

 

Alangkah lebih baiknya jika Anda belum melakukan service laptop ke tempat service, juga perlu untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya. Nah, bagi yang belum mengetahui, berikut ini penjelasannya untuk Anda.

Baterai Laptop Anda yang Bermasalah

Salah satu penyebab laptop tidak menyala yakni terjadinya masalah dengan kondisi pada baterai. Seperti yang kita ketahui bahwa baterai menjadi sumber daya paling utama untuk laptop. Jika Anda termasuk dalam kategori orang yang menomor satukan baterai, pastinya sudah sangat panik. Bisa jadi baterai tersebut kehabisan daya atau lobet. Maka hal yang harus Anda lakukan adalah mengisi baterai.

Akan tetapi tetap saja tidak mau menyala harus bergerak cepat. Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan dengan menyambungkan ke adaptor dan tunggu beberapa saat kemudian. Apabila baterai laptop anda benar benar habis maka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kembali mengisi dayanya. Namun jika tetap saja tidak mau menyala lepaskan baterai dari posisinya. Ketika hal tersebut bukan solusi terbaik, berarti baterai laptop sudah rusak.

Processor Laptop yang Bermasalah

Selain terjadi masalah pada baterai ternyata penyebab laptop tidak menyala juga karena Processor yang bermasalah. Apabila processor yang mengalami kerusakan, maka bisa dipastikan bahwa laptop yang sedang Anda gunakan tersebut kehilangan kontrol. Bukan hanya itu saja akan tetapi juga mampu untuk memberikan perintah pada komponen lain guna mendapatkan kerja yang lebih maksimal.

Penyebab terjadinya kerusakan processor tersebut karena terjadi overheating, penyebabnya juga sangatlah beragam berawal dari pasta processor yang kering, heatsink yang kotor dan fan. Hal itulah yang menyebabkan terjadnya ketidak seimbangan processor dengan RAM. Upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dapat membersihkan pasta juga menggantinya dengan yang baru. Kemudian, tugas anda adalah memasangkan kembali dengan baik dan benar.

Adaptor Laptop yang Bermasalah

Baca Juga : Di Tengah Covid, Pesantren Menjaga Budaya Belajar (bagian 1 dari 2 Tulisan)

 

Bukan hanya itu saja penyebab laptop Anda mati. Sesekali juga perlu untuk mengecek pada bagian adaptornya. Ada pasokan listrik, pastikan juga daya listrik tersebut mengalir dengan melalui stop kontak yang sudah Anda gunakan. Perlu diketahui juga, jika pada output stabilizer tidak menunjukan adanya tegangan yang terukur maka terjadilah masalah pada stabilizer Anda. Dengan demikian juga perlu untuk langsung menyambungkan charger menuju sumber listrik guna menyelesaikan masalah.

Oh iya, jangan lupa juga untuk mengecek adaptor, apakah ia sudah menyala atau belum. Ketika menjumpainya tidak menyala berarti terdapat kemungkinan bahwa adaptor tersebut juga sudah rusak. Tugas Anda yang selanjutnya adalah mengecek bagian kabel adaptor. Pasalnya memang sangat sering terjadi kabel power yang bermasalah.

Terjadinya Masalah Pada RAM

Seperti yang telah kita ketahui bahwa fungsi dari RAM sendiri adalah untuk tempat penyimpanan data sementara dari sebuah aplikasi yang sedang berjalan. Ketika kipas, indikator juga mesin menyala, akan tetapi pada bagian layar tidak muncul apapun, curiga wajar saja. Sebab, hal tersebutlah yang menjadi penyebab laptop tidak menyala atau bahkan bagian RAM rusak.

Dampak dari hal tersebut adalah tampilan layar blank. Upaya pasti yang bisa Anda kerjakan adalah dengan melepas RAM juga membersihkan pinnya menghapusnya dengan menggunakan pensil kemudian pasang kembali.

Beberapa penyebab laptop tidak menyala tersebut bisa Anda pahami dan cermati. Dengan demikian pula bisa mengambil cara yang tepat untuk menanganinya.

Judul berita Penyebab Laptop Tidak Menyala yang Beragam, Berikut Ini Penjelasannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
laptop Laptop Tidak Menyala

Berita Lainnya