Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

DPRD Minta Pemkot Surabaya Prioritaskan Proyek Drainase dan Saluran 

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Pipit Anggraeni

03 - Jun - 2021, 15:28

Placeholder
Ilustrasi drainase

SURABAYATIMES - Komisi C DPRD Kota Surabaya menekankan agar Pemerintah Kota Surabaya tetap memprioritaskan proyek drainase dan saluran, termasuk box culvert. Meskipun saat ini anggaran Pemkot Surabaya dinilai sangat minim, atau tepatnya berkisar diangka Rp 400 Miliar.

Anggota Komisi C DPRD Surabaya Buchori Imron mengatakan, proyek drainase dan saluran air di Surabaya harus menjadi prioritas. Jangan sampai saat tiba musim hujan proyek belum selesai.

Baca Juga : Sekda Baru, Pilihan Logis Sutiaji Hadapi Pilkada Kota Malang 2024

“Dampaknya, Kota Surabaya kembali dilanda banjir. Jadi penting proyek drainase segera direalisasikan, meski kita tahu anggaran yang diperoleh Pemkot Surabaya sampai bulan Mei tahun ini relatif minim," ujarnya di Surabaya, Kamis (03/05/21).

Ia menjelaskan, meski Pemkot Surabaya kini fokus pada peningkatan perekonomian, namun jangan sampai anggaran daerah habis disektor pemulihan ekonomi saja. 

Disisi lain, lanjut Buchori Imron, pembangunan yang sifatnya vital seperti proyek drainase untuk mengurangi banjir, jangan sampai diabaikan.

“Terpenting, bagaimana caranya agar proyek di Surabaya ini segera dijalankan, jangan sampai ditunda-tunda," tegasnya.

Buchori Imron menuturkan, kebiasaan proyek dikebut jelang akhir tahun seharusnya jangan terjadi lagi di kepemimpinan Eri Cahyadi Walikota Surabaya saat ini. 

Dirinya menegaskan, proyek yang dikebut secara bersamaan jelas tidak menghasilkan kualitas yang baik dari suatu proyek. “Sudah banyak proyek fisik di Surabaya yang kualitasnya tidak baik,” bebernya.

Baca Juga : Atasi Problematika Sampah, DLH Kota Malang Kembali Bangun TPS 3R

Untuk itu Buchori Imron menyarankan kepada Pemkot Surabaya, selagi masih triwulan ke dua tahun 2021, sebaiknya proyek yang menjadi prioritas kenyamanan warga seperti drainase untuk antisipasi banjir. Sebaiknya bulan ini juga segera direalisakan, karena masih kemarau. 

“Jika proyek dikerjakan sejak awal tentu pengawasannya sangat lebih mudah, efeknya proyek-proyek lain di Surabaya step by step berjalan," terangnya.

Dirinya kembali menyarankan, untuk proyek Penunjukkan Langsung (PL) dan lelang jika memang ada pelelangan, Pemkot Surabaya seyogyanya segera dikerjakan jangan tunggu lama. Dan jikalau proyek besar tidak dimungkinkan terealisasi karena minimnya anggaran, paling tidak proyek kecil-kecil tapi sangat berarti bagi masyarakat harus segera dicairkan.

“Misalnya proyek drainase dan saluran, pompa air, gedung dan bangunan serba guna dengan memperhitungkan anggaran yang ada. Karena proyek juga jangan sampai mangkrak,” imbuh dia.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Pipit Anggraeni