Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Koperasi Sehat, Upaya Pemulihan Ekonomi di Kota Malang

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Dede Nana

02 - Jun - 2021, 15:56

Placeholder
Kegiatan Bimtek Manajemen Koperasi Tahun 2021 yang digelar oleh Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Rabu (2/6/2021). (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pemulihan ekonomi menjadi salah satu prioritas yang tengah digenjot di Kota Malang. Salah satu yang menjadi sektor guna menumbuhkan perekonomian, yakni bidang koperasi.

Hal ini dibahas dalam kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Koperasi Tahun 2021 yang digelar oleh Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Rabu (2/6/2021).

Baca Juga : Anggota DPR RI Sonny Lakukan Sosialisasi Program UMi

Di hari pertama menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Erik Setyo Santoso berkesempatan membuka gelaran tersebut. Ia menyampaikan arahan Wali Kota Malang mengenai perlunya mewujudkan sumber daya manusia (SDM) koperasi yang unggul.

Terlebih, di masa pandemi Covid-19 ini, koperasi dinilai memiliki andil penting sebagai motor penggerak ekonomi masyarakat. Karena koperasi mampu menyentuh masyarakat secara langsung.

“Kehadiran koperasi jangan semata dilihat sebagai perwujudan konstitusi, namun lebih dari itu eksistensi koperasi harus dipandang sebagai suatu kebutuhan. Langkah ini dirasa dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kesejahteraan di masa pandemi," ujarnya.

SDM koperasi yang unggul, dijelaskan Erik, berada pada tatanan pengurus dan pengawas kpperasi yang kompeten. Karenanya, kehadiran koperasi juga diharapkan menjadi koperasi yang sehat. Dalam hal ini kinerja pengurus harus lebih sigap dan kompeten dalam menyusun berbagai strategi pemulihan ekonomi. Termasuk, dalam promosi usaha koperasi. Sehingga mampu mendongkrak pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

"Kedepan kami berharap pengurus dan pengawas koperasi menjadi lebih kompeten dalam menyusun berbagai strategi untuk membantu pemulihan ekonomi, tangkas menghadapi permasalahan, cakap dalam memberikan pelayanan terbaik, juga menggencarkan promosi usaha koperasi," terangnya.

Baca Juga : Solidaritas Malang Melawan Gelar Aksi Melawan Pelemahan KPK

Sementara itu, Kepala Diskopindag Kota Malang M Sailendra menyatakan, bimtek ini sebagai bentuk untuk terus mendorong koperasi agar meningkatkan kapasitas dan perannya. Salah satunya, dalam penyusunan strategi yang mumpuni guna menyukseskan program pemulihan ekonomi nasional.

"Agar tiap-tiap koperasi dapat menyusun strategi-strategi yang bertujuan untuk memacu kinerja pengurus dan pengawas agar lebih maksimal dalam menyukseskan program pemulihan ekonomi nasional," ungkapnya.

Untuk diketahui, Bimtek ini digelar juga sebagai upaya pembinaan untuk meningkatkan pemahaman juga pengetahuan perkoperasian bagi para pengurus dan pengawas koperasi. Dengan menghadirkan peserta dari Koperasi Karyawan, KPRI, Koperasi Simpan Pinjam serta Koperasi Serba Usaha, dan Koperasi Wanita yang ada di Kota Malang. 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Dede Nana