01/12/2022 Jaga Warisan, Gelar Wayang Tengul dalam Tradisi Nyadran Punden Joko Pitono Desa Kasreman | Jatim TIMES

Jaga Warisan, Gelar Wayang Tengul dalam Tradisi Nyadran Punden Joko Pitono Desa Kasreman

May 30, 2021 21:21
Bersih Desa (Nyadran) di punden Joko Pitono dusun Kasreman 1, desa Kasreman, kecamatan kasreman kabupaten Ngawi.Foto Hery/jatimTIMES
Bersih Desa (Nyadran) di punden Joko Pitono dusun Kasreman 1, desa Kasreman, kecamatan kasreman kabupaten Ngawi.Foto Hery/jatimTIMES

Pewarta: Satria Romadhoni | Editor: A Yahya

NGAWITIMES - Bersih Desa merupakan tradisi turun-temurun yang dilestarikan sejak zaman dahulu. Event tahunan Bersih Desa  menjadi medium masyarakat melakukan ritual, meminta do'a kepada Tuhan Yang Maha Esa sekaligus mengucapkan syukur atas limpahan rezeki.

Begitu halnya pada Bersih Desa atau dikenal Nyadran yang digelar Dusun Kasreman, Desa Kasreman, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi. Acara Bersih Desa ini diperingati dengan pertunjukan Wayang Tengul,  pada Minggu (30/05/2021).

Baca Juga : Kabur Usai Cabuli Remaja Putri, Pelaku Ditangkap di Luar Kota

Kali ini, pertunjukan Wayang Tengul dengan dalang  Ki Naryo. Tema yang diangkat adalah Tumuruning Wahyu Katrenteman, Tumuruning Wahyu Kamulyan". 

Pertunjukan wayang ini digelar di tengah-tengah sawah yang dikenal dengan Punden Joko Pitono. "Acara adat Bersih Desa ini digelar sudah turun-temurun, dan dilaksanakan setiap Minggu Legi di setiap tahunnya," kata ketua adat Supriyadi, Kepala Dusun Kasreman.

Pertunjukan wayang ini selain menjadi ajang untuk menjaga warisan lelulur, juga menjadi ajang hiburan bagi warga setempat. Warga pun berbondong-bondong menyaksikan rangkaian bersih desa, Wayang Tengul.  Hadir juga Kepala Desa Kasreman, Kukuh bersama warga. 

Judul berita Jaga Warisan, Gelar Wayang Tengul dalam Tradisi Nyadran Punden Joko Pitono Desa Kasreman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
bersih desa jamu firdaus

Berita Lainnya