Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Disdikbud Kota Malang Bakal Bangun 3 SMP Negeri

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

28 - May - 2021, 16:30

Placeholder
Kepala Disdikbud Kota Malang, Suwarjana SE MM (doc MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang segera merealisasikan pembangunan tiga Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) baru di Kota Malang. Tiga SMP yang bakal direalisasikan itu yakni SMPN Mulyorejo, SMPN Polehan dan SMPN Gadang.

Kepala Disdikbud Kota Malang, Suwarjana SE MM menjelaskan, jika realisasi pembangunan atau pengerjaan fisik direncanakan akan dimulai bulan depan. Untuk itu, koordinasi dengan Unit Layanan Pengadaan (ULP) saat ini telah dilakukan terkait pembahasan kontrak.

Baca Juga : Terkait Pengelolaan Dana Desa, Kades di Pucanglaban Dapat Nasehat dari Polisi dan Kejari

Dalam nilai kontrak pembangunan tiga sekolah tersebut, dijelaskannya berbeda-beda. Terdapat sekolah yang mempunyai nilai kontrak Rp 7 miliar, Rp 8 miliar hingga Rp 9 miliar. Total anggaran Rp 24 miliar.

Proses pembangunan, direncanakan pada akhir tahun nantinya tiga sekolah tersebut telah bisa digunakan untuk pembelajaran. Siswa angkatan pertama yang masih menumpang di sekolah filial sejak setahun lalu, nantinya tak lagi begitu. Mereka akan menempati gedung baru sekolah.

"Insyaallah bulan depan sudah mulai dikerjakan pembangunan fisiknya. Jadi pembangunan nanti bukan multiyears, akhir tahun sekola harus selesai,” papar Suwarjana beberapa waktu lalu.

Namun, meskipun bulan depan telah mulai dikerjakan, akan tetapi, dalam proses pembangunannya tak langsung keseluruhan gedung. Pembangunan dilakukan secara bertahap yakni pembangunan ruang kelas VII dan Kelas VIII.
Kemudian pada tahun 2022, pembangunan akan dilanjutkan lagi dengan dibangun ruang kelas IX.

"Untuk tahun ini kelas VII dan VIII," jelasnya.

Baca Juga : Tahun Ini 167 Rumah Tidak Layak Huni di Kota Batu Siap Dibedah

 

Sementara itu, penambahan tiga sekolah baru ini, merupakan respon atau tindak lanjut Disdikbud Kota Malang terhadap keluhan dari para wali murid yang mengeluh jika anak-anak kesulitan masuk dalam sekolah negeri saat masuk dengan jalur zonasi.

"Penambahan ini dapat respon positif. Terbukti penerimaan peserta didik angkatan pertama (tiga sekolah) tahun kemarin sudah terisi semua," pungkasnya.


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya