Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Advertorial

Jajaran Pemkab Jombang Ikuti Upacara Harkitnas ke-113 secara Virtual dengan Menkominfo RI

Penulis : Adi Rosul - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

20 - May - 2021, 17:25

Placeholder
Bupati dan Wakil Bupati Jombang beserta jajarannya dan Forkopimda Jombang saat mengikuti upacara bendera Harkitnas bersama Menkominfo RI. (Foto : Dokumentasi Pemkab Jombang)

JOMBANGTIMES - Jajaran Pemerintah Kabupaten Jombang mengikuti upacara bendera peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-113 secara virtual. Upacara peringatan Harkitnas kali ini dipimpin oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny G Plate.

Upacara bendera diselenggarakan langsung di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI pagi tadi. Bupati Jombang Mundjidah Wahab dan Wakil Bupati Jombang Sumrambah mengikuti upacara bendera tersebut melalui virtual di ruang Media Center Kantor Pemkab Jombang. Tampak juga para pimpinan OPD beserta Forkopimda Jombang.

Baca Juga : Jalur Utama Giripuno-Pandanrejo Kota Batu Diambil Alih Provinsi Jatim, Pengerjaannya Tengah Dilelang

Peringatan upacara bendera Harkitnas ke-113 yang diikuti jajaran Pemkab Jombang ini berjalan dengan Khidmat. Peserta upacara menyimak arahan yang disampaikan oleh Menkominfo RI melalui layar lebar.

"Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang diselenggarakan oleh  Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan disiarkan secara streaming. Tahun ini bertema 'Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!'," ujar Mundjidah kepada wartawan, Kamis (20/05).

Pada kesempatan itu, Menkominfo RI Johnny G Plate menyampaikan, hari kebangkitan nasional seyogyanya diarahkan menjadi unifying factor (faktor pemandu) untuk mengembangkan demokratisasi di segala bidang, mewujudkan keadilan, penegakan hukum, kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Inilah agenda kontekstual yang sejatinya lebih dari cukup untuk mengantarkan bangsa Indonesia ke cita-cita ketiga yang diretas Boedi Oetomo, yakni (berbuat) sesuai dinamika kehidupan bangsa saat ini.

"Peringatan Hari Kebangkitan Nasional saat ini sejatinya dapat dijadikan untuk menggalang kembali semangat kebangkitan sebagai bangsa yang tangguh. 'Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!'. Tema ini mengingatkan bahwa semangat kebangkitan nasional mengajari kita untuk selalu optimistis menghadapi masa depan. Kita hadapi semua tantangan dan persoalan bersama-sama sebagai pewaris ketangguhan bangsa ini," tandasnya.

Tangguh dalam hal ini yang disampaikan oleh Plate adalah tangguh dalam menghadapi pandemi covid-19. Dan juga tangguh dalam menghadapi tantangan global. Serta tangguh juga dalam menghadapi beragam tantangan selama masa pandemi dengan beredarnya banyak misinformasi, disinformasi dan hoaks.

Baca Juga : Setengah Karung Koin Kuno Ditemukan Warga Jombang Saat Gali Pondasi Rumah

Dan juga tangguh dalam kebersamaan untuk memulihkan ekonomi nasional. Salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan, lanjut Plate, adalah ekonomi digital.

"Di tengah pandemi, bisnis dagang berbasis digital ini bahkan diproyeksi tumbuh 33,2 persen dari 2020 yang mencapai Rp253 triliun menjadi Rp337 triliun pada tahun 20211. Peningkatan jumlah transaksi lewat e-commerce juga tidak terlepas dari kebijakan pemerintah dalam mendorong akseptasi digital kepada masyarakat, serta terus mengakselerasi perkembangan fintech dan digital banking," pungkasnya.(*)


Topik

Advertorial



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Adi Rosul

Editor

Sri Kurnia Mahiruni