Hati-hati, 5 Kandungan Skincare Ini Tak Boleh Dipakai Bersamaan | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Hati-hati, 5 Kandungan Skincare Ini Tak Boleh Dipakai Bersamaan

May 19, 2021 10:22
Bahan-Bahan Skincare (Sumber: Pixabay)
Bahan-Bahan Skincare (Sumber: Pixabay)

JATIMTIMES - Semakin banyak merek dan jenis produk skincare yang beredar di pasaran. Produk-produk ini menawarkan hasil yang berbeda-beda.

Saking variatifnya produk-produk skincare ini, para konsumen semakin tergelitik untuk mencoba. Mereka mencari produk skincare yang bisa memberikan hasil akhir memuaskan.

Baca Juga : Hari Pertama Masa Pengetatan Pasca-Mudik, 34 Kendaraan Diputar Balik

 

Variasi produk skincare ini tak berhenti pada jenisnya saja, tetapi juga komposisi. Di sini, para konsumen harus berhati-hati, sebab ada kandungan skincare yang tak boleh dicampur.

Kandungan-kandungan ini bila digunakan secara bersamaan, bukannya membuat wajah mulus malah sebaliknya. Wajah akan menjadi iritasi hingga meradang. Berikut ini lima kandungan skincare yang tak boleh dicampur.

1. Retinol dan Benzoyl peroxide

Kandungan Retinol dan Benzoyl peroxide tak boleh digunakan secara bersamaan. Dua kandungan ini akan membuat kulit menjadi kering.

Retinol dan Benzoyl peroxide memang berkhasiat memberantas jerawat. Tetapi jika digunakan secara bersamaan akan membuat kulit kering dan menimbulkan kerutan. Bukannya jerawat sembuh, bisa-bisa malah semakin melimpah.

2. Vitamin C dan AHA

Skincare dengan kandungan vitamin C dapat membuat wajah cerah merona serta dapat menunda penuaan dini. Sementara AHA atau Alpha Hydroxy Acids berfungsi untuk eksfoliasi kulit.

Eksfoliasi dapat mengubah pH pada vitamin c. Jadi jika digunakan secara bersamaan, manfaat dari vitamin C akan hilang.

3. Vitamin B3 dan AHA

Vitamin B3 atau yang lebih dikenal dengan Niacinamide dapat membantu memperbaiki struktur kulit. Kandungan skincare satu ini masih menjadi primadona di dunia per-skincare-an.

Niacinamide sebaiknya tidak digunakan bersamaan dengan AHA (Alpha Hydroxy Acids), sebab akan menyebabkan iritasi pada kulit.

4. Retinol dan AHA/BHA

Baca Juga : Bus Wisatawan Boleh Melintas, Asalkan Penumpang Bawa Surat Hasil Swab Tes Antigen

 

Ketiga bahan ini memang ajaib menyembuhkan jerawat, noda hitam dan penuaan dini. Meski memiliki fungsi yang sama, bukan berarti Retinol, AHA dan BHA bisa digunakan bersamaan.

Jika ketiga kandungan ini bersatu, maka akan membuat kulit iritasi akibat exfoliasi berlebih. Bila ingin menggunakan ketiga produk ini, sebaiknya pakai secara bergantian salah satu pagi hari dan lainnya di malam hari.

5. Retinol dan Salicylic acid

Retinol berfungsi merangsang pergantian sel-sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, kandungan ini termasuk antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Salicylic acid sendiri dapat meregenerasi kulit dan mampu mengatasi jerawat. Kedua kandungan ini bila digunakan bersamaan akan membuat kulit rentan radang dan iritasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
skincare wajah vitamin C

Berita Lainnya