Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Revitalisasi Pasar Lesanpuro Tanpa Relokasi Pedagang, Siap Dipoles Tahun Ini

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Yunan Helmy

14 - May - 2021, 04:40

Placeholder
Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang M. Sailendra. (Ahmad Amin/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk terus membenahi fasilitas pasar rakyat satu per satu terlaksana. Seperti Pasar Lesanpuro yang kini telah masuk tahap lelang jasa konstruksi di Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kota Malang dan siap segera dibangun tahun ini.

Pagu anggaran untuk pelaksanaan revitalisasi Pasar Lesanpuro adalah Rp 1.295.817.757,00 atau Rp 1,29 miliar. Anggaran itu diambilkan dari APBD Kota Malang tahun anggaran 2021.

Baca Juga : Umat Islam Dilarang Puasa di 9 Hari ini, Apa Saja? 

 

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang M. Sailendra mengatakan, revitalisasi pasar rakyat tahun ini diupayakan tidak merelokasi pedagang dengan jarak yang jauh. "Revitalisasi nanti dilakukan tanpa relokasi pedagang karena tidak dibutuhkan pembongkaran total," ujarnya.

Dijelaskan, prosesnya saat ini untuk rencana revitalisasi pasar rakyat tersebut masih dalam tahap lelang. Jika telah ditemukan pemenang lelang jasa konstruksinya, pengerjaan fisik pasar akan segera dilakukan. "Sehingga di akhir tahun ini nanti pasar sudah selesai diperbaiki," jelas Sailendra.

Konsep revitaliasi ini nantinta tetap berpedoman pada konsep pasar rakyat yang modern dan sehat. Misalnya pasar percontohan, yakni Pasar Oro-Oro Dowo dan Pasar Klojen, yang sudah lebih dulu direvitalisasi. 

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji menambahkan, tahun 2021 ini tak hanya Pasar Lesanpuro  yang bakal direvitalisasi. Revitalisasi juga menyasar dua pasar lainnya, yakni Pasar Madyopuro san Pasar Kotalama.

Baca Juga : Bappeda Kota Malang Fokuskan Program Pemulihan Ekonomi Melalui Sektor UMKM

 

Meski dikerjakan dalam situasi pandemi covid-19, Sutiaji berharap proses revitalisasi dapat terlaksana sebagaimana mestinya. Sehingga, pasar bisa segera dinikmati oleh pedagang dan konsumen agar lebih nyaman saat memanfaatkan pasar rakyat di Kota Malang.

"Kami harapkan ini dapat segera direalisasikan agar kondisi pasar rakyat di Kota Malang semakin tertata dan nyaman. Ini juga sekaligus sebagai salah satu penyediaan sarana dan upaya penguatan ekonomi bagi masyarakat," ungkapnya.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Yunan Helmy