Bappeda Kota Malang Fokuskan Program Pemulihan Ekonomi Melalui Sektor UMKM | Jatim TIMES

Bappeda Kota Malang Fokuskan Program Pemulihan Ekonomi Melalui Sektor UMKM

May 13, 2021 12:15
Pameran produk-produk UMKM Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Pameran produk-produk UMKM Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Program pembangunan di Kota Malang di tahun 2021 terfokus pada pemulihan ekonomi. Pasalnya, pandemi Covid-19 menjadikan sektor perekonomian cukup terdampak signifikan.

Salah satu upaya meningkatkan itu yakni dengan terus menggenjot sektor Usaha Mikro Kecil Menengan (UMKM) agar semakin berkembang. Hal ini menjadi fokus utama dalam program Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang.

Baca Juga : Terus Berprogress, Bappeda Kota Malang Optimalisasi SIPD hingga Tingkat Kelurahan

Kasubid Perencanaan Ekonomi dan Keuangan Bappeda Kota Malang Agung H Bhuana mengatakan, masa pandemi Covid-19 menjadikan program yang tersusun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) harus dikoreksi.

Sebab, program pembangunan di Kota Malang harus disesuaikan dengan kondisi terkini. Dalam artian, terfokus pada pemulihan ekonomi nasional.

"Nah, bagaimana kita melakukan kegiatan ekonomi dan lainnya dalam masa pandemi Covid-19. Di mana, UMKM menjadi menjadi salah satu yang paling penting," ujarnya.

Agung menjelaskan, salah satu upaya penguatan di sektor UMKM saat ini, dengan mengoptimalkan sistem pemasaran melalui pasar rakyat online. Di mana, hal ini terus dikuatkan melalui website di masing-masang pasar di Kota Malang.

Baca Juga : Ternyata, Ini yang Dilakukan Iblis di Hari Raya Idul Fitri

Selanjutnya, dikatakannya, Bappeda Kota Malang memastikan program-program dalam upaya pemulihan ekonomi itu harus terlaksana. Sehingga, segala yang telah masuk dalam fokus utama program pembangunan tak melenceng jauh dari target.

"Penguatan pasar rakyat online melalui website masing-masing ini salah satunya. Dalam hal ini kita (Bappeda Kota Malang) memastikan RPJMD bisa terlaksana dengan baik. Apakah sudah searah dengan yang terencana, jangan sampai melenceng kemana-mana," tandasnya.

Topik
Kota Malang Bappeda Kota Malang pemulihan ekonomi UMKM

Berita Lainnya