Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Gelar Ops Ketupat Semeru, Kapolres Batu: Wilayah Aglomerasi Khusus Urusan Kerja

Penulis : Mariano Gale - Editor : Dede Nana

05 - May - 2021, 13:12

Placeholder
Suasana Gelar Ops Ketupat Semeru di Alun-alun Kota Batu, Rabu (5/5/2021) (foto: Mariano Gale/Jatim Times)

BATUTIMES - Ops Ketupat Semeru yang digelar di Alun-alun Kota Batu, Kapolres  Batu AKBP Catur C Wibowo, tekankan bahwa wilayah aglomerasi yang terdiri dari Malang Raya, Probolinggo, dan Pasuruan diharuskan untuk urusan kerja bukan mudik.

"Yang perlu dipahami, wilayah aglomerasi hanya untuk urusan bekerja, bukan untuk mudik. Diharapkan, masyarakat bisa memahami aturan yang berlaku," ujarnya, Rabu (5/5/2021).

Baca Juga : Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat, Ini Penekanan Wali Kota Blitar

Diketahui, tercatat Indonesia adanya kenaikan 23 persen angka kenaikan Covid-19 di tahun ini. Maka, adanya larangan mudik di tahun ini yang berlaku mulai tanggal 6 Mei hingga 17 Mei 2021.

"Jika tidak ada larangan mudik, penyebaran Covid-19 akan meningkat. Seperti tahun 2020 yang meningkat mencapai 93 persen usai mudik lebaran," ujarnya.

Dengan dilarangnya mudik tahun ini diharapkan bisa menekan angka penyebaran Covid-19. Menurutnya, larangan itu juga berpengaruh pada persentasi masyarakat yang memaksa untuk mudik.

"Tanpa adanya larangan mudik diprediksi terdapat 81 juta masyarakat yang bergerak untuk melakukan kebiasaan pulang kampung. Namun setelah adanya pelarangan, diprediksi sekitar 7 persen masyarakat atau sekitar 17,5 juta yang memaksa melakukan pergerakan mudik," ujarnya.

Baca Juga : Forkopimda Ngawi dan Instansi Terkait Hadiri Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Semeru 2021 

Diketahui, dalam apel Ops Ketupat Semeru  ini ada 500 tim personel gabungan yang melaksanakan Ops Ketupat Semeru pada tahun ini. Diantaranya, TNI, Polri, Dishub, BPBD, Satpol PP, PMI, Dinkes Kota Batu, dan Ormas yang ada di Kota Batu.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mariano Gale

Editor

Dede Nana