Warga Jogoyudan Lumajang Sulap Sungai Jadi Penghasilan | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Warga Jogoyudan Lumajang Sulap Sungai Jadi Penghasilan

Apr 23, 2021 12:31
Destinasi Sungai Impian. (Foto: Bramastyo Dhieka Anugerah / Jatim Times)
Destinasi Sungai Impian. (Foto: Bramastyo Dhieka Anugerah / Jatim Times)

LUMAJANGTIMES - Djohari Irianto (39), warga Kelurahan Jogoyudan, Lumajang, tergerak untuk memoles sungai di daerahnya menjadi kolam ikan bernilai ekonomis.

Pemanfaatan sungai itu diawali kegalauan Djohari karena selama ini banyak warga sekitar sungai yang diare akibat sampah.  Selain itu, lingkungan sungai semakin kumuh.

Baca Juga : Pemuda Dikeroyok 13 Orang gegara Pakai Topi Berlogo Perguruan Silat

Akhirnya Djohari mendapat ide setelah selancar di internet soal budidaya ikan melalui aliran sungai seperti yang sudah diaplikasikan di Jepang dan Klaten, Jawa Tengah. "Hasil lihat di Youtube. Kemudian didiskusikan dengan Komunitas Mancing Lumajang beserta warga. Akhirnya bisa direalisasikan," ungkapnya.

Lebih lanjut Djohari menjelaskan, jenis ikan yang dibudidayakan di sungai sepanjang 100 meter dan lebar 2 meter itu kebanyakan nila. "Kebanyakan ikan nila yang digemari  masyarakat. Ada juga koi dan tombro," ucapnya.

Masih kata Djohari, panen biasanya setahun dua kali. Kadang bisa sampai tiga kali. Sekali panen bisa menghasilkan 400 kg ikan. Kemudian dibagi ke seluruh warga dan selebihnya dijual. Rata-rata pendapatan setiap panen bisa mencapai 12 juta rupiah.

Baca Juga : Dibintangi Choi Soo-young SNSD, Drama Korea "So I Married an Anti-Fan" Tayang Mulai 30 April

Saat ini, sungai yang diberi nama Destinasi Sungai Impian tersebut telah menyelesaikan lima masalah. Yakni kesehatan, ekonomi, konsumsi, kebersihan, dan pariwisata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Berita Lumajang Sulap sungai kotor

Berita Lainnya