Jelang Lebaran, Ratusan Pedagang Pasar Rakyat di Madiun Jalani Vaksinasi Perdana | Jatim TIMES

Jelang Lebaran, Ratusan Pedagang Pasar Rakyat di Madiun Jalani Vaksinasi Perdana

Apr 16, 2021 20:27
Wali Kota Madiun menyaksikan dan membagikan masker saat proses vaksinasi bagi pedagang dan tenaga upahan (Foto: M. Nashir/MadiunTIMES).
Wali Kota Madiun menyaksikan dan membagikan masker saat proses vaksinasi bagi pedagang dan tenaga upahan (Foto: M. Nashir/MadiunTIMES).

MADIUNTIMES - Sebanyak 500 pedagang pasar di Kota Madiun mendapat Vaksinasi Covid-19 tahap pertama yang dilakukan di Aula Wisma Haji Kota Madiun, Jumat (16/4/021).

Selain para pedagang, vaksinasi tahap pertama tersebut juga menyasar 136 orang tenaga upahan Dinas Perdagangan Kota Madiun. Tim vaksinator berasal dari enam Puskesmas yang ada di Kota Madiun, masing-masing  sebanyak 12 orang yang terdiri dari dokter, perawat, bidan, dan tenaga administrasi.

Baca Juga : Ngaku Banyak Dapat Teror, Ketua P2KD Lomaer Pilih Mundur Dari Jabatannya

 

Sebelum mendapat suntikan vaksin covid-19, para peserta vaksinasi juga mendapat fasilitas penjemputan bus Mabour yang disediakan oleh Pemerintah Kota Madiun. Setidaknya ada tiga armada dengan titik penjemputan di Pasar Besar Madiun.

Wali Kota Madiun Maidi saat menghadiri vaksinasi tersebut menyebutkan, pedagang pasar menjadi prioritas Vaksinasi karena sering berinteraksi dengan masyarakat. Teelebih saat momen ramadhan dan mendekati lebaran seperti saat ini. Dengan dilakukannya vaksinasi, diharapkan semakin memberikan kepercayaan diri kepada pedagang saat memberikan pelayanan.

"Covid kita tangani secara serius walaupun cukup landai tetapi jangan terlena. Vaksin kita maksimalkan setelah kemarin para guru, hari ini pedagang, ini penting terutama mendekati hari raya banyak pengunjung di pasar," ungkapnya.

Dalam pelaksanaan vaksinasi kali, ini para calon penerima vaksin melewati beberapa tahapan, yang pertama dilakukan verifikasi data di meja pertama dengan menunjukkan bukti identitas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP). Selanjutnya  pada tahap berikutnya di meja kedua dilakukan skrining kesehatan, petugas kesehatan melakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik sederhana untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi penyakit penyerta atau komorbid.

Baca Juga : Nekat Mudik ke Kabupaten Blitar, Pekerja Migran Wajib Isolasi Mandiri

 

Jika calon penerima vaksin dinyatakan sehat kemudian dilanjutkan di meja yang ketiga, calon penerima vaksin akan diberikan vaksin Covid-19 oleh petugas secara intramuskular.

Topik
pedagang pasar Vaksinasi Kota Madiun Wali Kota Madiun Maidi

Berita Lainnya