Dr Aucky Hinting, Ilmuan dan Seniman dalam Satu Sosok | Jatim TIMES

dr Aucky Hinting, Ilmuan dan Seniman dalam Satu Sosok

Apr 10, 2021 08:01
dr Aucky Hinting dengan karya tulis terbarunya
dr Aucky Hinting dengan karya tulis terbarunya

SURABAYATIMES - Nama dr. Aucky Hinting, Ph.D cukup populer di kalangan artis maupun masyarakat di Surabaya. Ini lantaran dia lah yang membantu artis Inul Daratista dalam mendapatkan momongan setelah sekian lama menikah dan tidak memiliki buah hati.

Programnya adalah bayi tabung atau ART (Assisted Reproductive Technology). Dalam keseharian dr. Aucky bertugas di RSIA Ferina, Surabaya.

Baca Juga : PAD Triwulan Pertama Capai Rp 86,7 Miliar, Sutiaji Optimis Tahun ini Lampaui Target

Tapi di samping itu, dr. Aucky ini bisa dibilang adalah sosok yang multitalenta, ilmuwan, dokter, pengajar di FK Unair, penulis buku dan juga sekaligus ternyata sosok seniman.

Ya, setelah puluhan tahun bergelut dengan dunia akademisi kedokteran kandungan, baik praktik maupun teori, kini dr. Aucky menemukan dirinya dengan sosok lain. Yakni, sebagai pelukis, pencinta seni. "Lukisannya adalah kontemporer," ujarnya saat bincang buku Art Above THE ART, lewat aplikasi Zoom.

Dia menjelaskan, ia masuk ke dunia seni lukis setelah 25 tahun bergelut dengan dunia ilmiah kedokteran. "Saya sebenarnya memang menyukai seni," lanjutnya.

Hoby dia akan seni kemudian menjadi-jadi setelah melihat beberapa lukisan di Surabaya, Yogyakarta dan juga Bali. "Saya juga bergaul dengan beberapa seniman di kota tersebut," tuturnya.

Apalagi lanjut dia, sosok istrinya mengambil kuliah desain interior. "Saya membantu istri berkunjung ke museum di Eropa. Dari sana memaksa saya terpapar dengan seni," cetus dia.

Baca Juga : Bangkitkan Ekonomi Kreatif Seniman, Nabasa Bakal Gelar Pameran Jelang Ramadan

Belakangan ini, mau tidak mau akhirnya dr Aucky ikut melukis juga. Itu setelah adanya sebuah karya lukis yang gagal dia dapatkan.

Dalam melukis dr Aucky mengaku tidak ada waktu khusus. Terkadang bisa di rumah, di tempat kerja hingga di jalan. "Tergantung dengan suasana. Jika ada inspirasi bisa cepat. Waktu macet di jalan saya juga terkadang bisa buat sketsa lukisan," imbuh dia.

Kini berbagai lukisan dari Arek Surabaya asli ini bisa dilihat beberapa di dalam buku yang dia tulis dan diberi judul Art Above THE ART. Di dalam buku itu dr Aucky juga menuliskan narasi tulisan dari beberapa karya lukisnya.

Topik
dr aucky hinting inul daratista Bayi Tabung dunia seni Berita Jatim

Berita Lainnya