Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hiburan, Seni dan Budaya

Waspada! Maling Kambing Marak di Desa Junrejo Kota Batu

Penulis : Mariano Gale - Editor : A Yahya

08 - Apr - 2021, 10:57

Placeholder
Suasana kandang kambing milik Priyanto yang berada di Dusun Jeding, Desa Junrejo, Kota Batu, Kamis (8/4/2021) (foto: Mariano Gale/Jatim Times)

BATUTIMES - Beberapa warga yang beternak kambing di kawasan Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu mengeluh karena ternak kambing mereka hilang dicuri orang.

Salah satu warga Dusun Jeding, Desa Junrejo, Priyanto mengaku, 9 kambing milikanya hilang dicuri orang. Ia baru menyadari saat hendak memberikan pakan ke kambingnya pada pagi hari. Dia mendapati 9 ekor kambingnya telah hilang. "Kejadian itu pada hari Jumat (2/4/2021), Saya sempat mendengar suara dari kandang sekitar pukul 03.00 wib. Namun, kondisinya gelap dan tidak mengecek. Eh, pagi harinya sudah hilang," ujarnya, Kamis (8/4/2021).

Baca Juga : Ruwat Nagari Kota Malang 2021, Wali Kota Sutiaji Sampaikan 4 Unsur Bermakna pada Manusia

Priyanto pun sangat khawatir, sebab kejadian ini tidak hanya terjadi sekali. Kambing peliharaannya itu hilang secara bertahap. "Kambing itu untuk biaya keponakan. Untuk harga kambing cukup mahal. Kambing dengan ukuran besar harganya Rp 3 juta. Kalau ukuran kecil Rp 2 juta. Sedangkan anak kambing Rp 600 ribu," ujarnya.

Tidak hanya Priyanto saja yang kehilangan kambing, ada beberapa tetangganya pun juga mengalami nasib yang sama. Seperti, Saimun yang juga kehilangan 12 ekor kambing, Gimin kehilangan 2 ekor, Supri kehilangan 12 ekor, Mislan kehilangan 2 ekor, Rakhmad kehilangan 5 ekor, NRS kehilangan 9 ekor kambing, dan Riyono 12 ekor. "Jika ditotal ada 62 ekor kambing milik warga yang hilang dicuri orang. Untuk pelakunya, kami tidak mengetahui," ujarnya.

Kepala Desa Junrejo, Andi Faisal Hasan mengaku, memang banyak kambing milik warga Junrejo hilang. Kejadian ini sudah kerap terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. "Seperti kejadian tahun lalu, kambing milik warga dekat rumah saya, dia kehilangan kambingnya. Tahu-tahu, kambingnya sudah disembelih di dekat kandang oleh pelaku," ujarnya.

Dengan maraknya pencurian kambing, pihaknya juga telah melakukan ronda malam hingga subuh. Akan tetapi, pencuri tersebut masih saja bisa melakukan aksinya.

Baca Juga : Demokrat Akhirnya Buka Suara soal Gugatan Kubu Moeldoko: Kedaluwarsa!

"Saya berharap agar masalah ini bisa diselesaikan bersama-sama dengan warga juga. Jika ada anggaran lebih, kami akan memasang cctv di setiap RW di Desa Junrejo," ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Junrejo, AKP Diana Pujiastuti membenarkan bahwa terjadi pencurian kambing di kawasan sekitar. "Iya betul, karena jumlahnya besar, maka langsung ditangani oleh Polres Kota Batu," ujarnya.


Topik

Hiburan, Seni dan Budaya



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mariano Gale

Editor

A Yahya