Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Pengamat Sebut Sidang Offline Ajang Habib Rizieq Jadi Singa Podium untuk Bela Diri

Penulis : Desi Kris - Editor : Pipit Anggraeni

26 - Mar - 2021, 08:53

Placeholder
Habib Rizieq (Foto: Pikiran Rakyat)

INDONESIATIMES- Pengamat dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai jika persidangan offline akan menguntungkan posisi Habib Rizieq.

Menurut Ujang, Rizieq akan memanfaatkan momen ini untuk meyakinkan orang lewat orasi yang berapi-api. Bahkan, Ujang mengklaim Habib Rizieq akan dianggap sebagai "singa podium".

Baca Juga : Situasi Penjemputan Habib Rizieq di Bareskrim Polri Jelang Sidang Eksepsi Offline

"Artinya, bisa membela harga dirinya di sidang secara langsung dalam konteks melakukan pembelaan di depan hakim maupun menolak tuduhan dari jaksa," kata Ujang.

Lebih lanjut, kata Ujang persidangan online sedikit banyak merugikan Rizieq. Lantaran, pentolan dari Front Pembela Islam (FPI) itu tak bisa bermanuver secara langsung di depan majelis hakim.

Oleh sebab itu, dengan kehadiran langsung di ruang sidang, habib Rizieq diprediksi akan banyak berorasi. Diketahui, sidang lanjutan Habib Rizieq digelar hari ini Jumat (26/3/2021) secara offline pukul 09.00 WIB di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim).  

Sidang tersebut beragendakan mendengarkan nota keberatan atau eksepsi dari Habib Rizieq atas dakwaan-dakwaan jaksa penuntut umum.

Baca Juga : Polisi Masih Cari Informasi Kebenaran Pembunuh Ayah Kandung Alami Gangguan Jiwa

Kendati demikian, cetus Ujang, upaya Habib Rizieq ini tak serta-merta menentukan hasil di persidangan.

"Dihukum berat atau ringan, tetap tergantung hakim," ujar penulis buku Ideologi Partai Politik: Antara Kepentingan Partai dan Wong Cilik tersebut.


Topik

Hukum dan Kriminalitas



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Pipit Anggraeni