Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Menengok Lagi Desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru Setelah Isu Pembangunan Kembali Menyeruak

Penulis : Desi Kris - Editor : Pipit Anggraeni

25 - Mar - 2021, 08:05

Placeholder
IKN (Foto: Vidio)

INDONESIATIMES- Isu pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur kini mulai kembali terdengar. Setelah tertunda karena pandemi Covid-19, IKN disebutkan akan mulai dibangung tahun ini.  

Bahkan, Presiden Joko Widodo mulai siap untuk membahas Rancangan Undang-undang (RUU) IKN yang sebelumnya sunyi senyap. Kini pembahasan RUU IKN tersebut telah masuk dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021.

Baca Juga : Pecah Kebuntuan, Para Kades di Tulungagung Ini Batal Boikot Pembagian SPPT-PBB, Kok Bisa?

Jokowi meminta agar RUU IKN bisa segera dibahas. Terkait hal ini mari kita tengok lebih dulu bagaimana sih desain Istana Negara di Kalimantan Timur tersebut.  

Berikut ulasannya dilansir melalui channel YouTube Sekretariat Presiden:

Desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru

Pemenang sayembara desaian IKN ini memberi nama dengan "negara Rimba Nusa". Dalam desain tersebut tampak Istana presiden yang terletak di depan danau kemduian di sisi kananya dibangun kantor staf Presiden dan Masjid Astana.

Terrdapat pula Plaza Bhinneka Tunggal Ika dan Danau Pancasila. Lalu ada kawasan diplomattik, bisnis dan komersial, serta pemukiman.  

Di sisi lain, yang paling komplek yakni terkait letak geografis IKN. Pembangunan IKN ini harus penuh dengan tingkat kehati-hatian.

Baca Juga : DP3AK Jatim dan Dinsos Kota Malang Gelar Pelatihan Produktivitas Industri Rumahan

Kendati demikian, pihak Istana belum memberi informasi resmi kapan tepanya pembangunan IKN dimulai.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Pipit Anggraeni