Antisipasi Harga Cabai Tetap Tinggi Saat Lebaran, Pemkab Malang Siapkan Katam | Jatim TIMES

Antisipasi Harga Cabai Tetap Tinggi Saat Lebaran, Pemkab Malang Siapkan Katam

Mar 19, 2021 19:33
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang Nasri Abdul Wahid saat menjelaskan stok pangan menjelang lebaran, Jumat (19/3/2021). (Foto: Istimewa)
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang Nasri Abdul Wahid saat menjelaskan stok pangan menjelang lebaran, Jumat (19/3/2021). (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Sampai dengan saat ini, harga cabai di pasaran dikabarkan masih tinggi. Perkembangan harga cabai tersebut, disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang Nasri Abdul Wahid, saat dikonfirmasi MalangTIMES.com, Jumat (19/3/2021).

”Menjelang lebaran, tentunya yang patut diwaspadai adalah harga cabai. Sampai dengan hari ini (harganya) masih berkisar antara Rp 105 ribu hingga Rp 110 ribu di Kabupaten Malang,” ungkapnya saat ditemui di Anusapati, Pringgitan Pendapa Agung Kabupaten Malang.

Baca Juga : UIN Malang Jadi Salah 1 Perguruan Tinggi Perwakilan PTKIN Seluruh Indonesia

Guna mengantisipasi semakin pedasnya harga cabai dipasaran saat memasuki lebaran, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dikabarkan telah menyiapkan beberapa solusi.

Salah satunya adalah menekan para petani untuk meningkatkan Kalender Tanam (Katam). ”Tentu solusi yang disiapkan oleh Dinas Ketahanan Pagan adalah mendorong agar kalender tanam itu ditambah,” katanya.

Jika trobosan tersebut terealisasi, maka Nasri optimis pasokan cabai di Kabupaten Malang akan kembali stabil. ”Kalender tanam itu harus segera diterapkan agar 3 bulan lagi pasokan cabai tetap terpenuhi, sehingga hara cabai saat lebaran bisa kembali stabil,” ucapnya.

Sedangkan untuk komoditi lain selain cabai, Nasri memastikan jika saat lebaran kemungkinan besar harga dan pasokannya akan tetap stabil. ”Jadi belajar dari tahun-tahun kemarin, kalau bawang kita aman, kita stabil di harga Rp 25 ribu hingga Rp 35 ribu,” jelasnya.

Selain bawang, pasokan beras di pasaran juga dipastikan akan aman. Sebab, dari data yang diterimanya, Nasri menyebutkan jika stok beras saat ini masih mengalami surplus. ”Jadi kalau hari besar, untuk beras kita aman, saat ini stoknya masih surplus hingga 72 ribu ton. Jadi tinggal cabai saja yang harganya masih mahal,” ucapnya.

Baca Juga : Pemerintah Bakal Manfaatkan Dry Ice Untuk Mengkilapkan Temuan Pisang Jenis Baru di Malang

Bergeser ke stok daging, masih menurut Nasri, stoknya dipastikan juga masih aman saat umat muslim merayakan hari raya Idul Fitri tahun ini. ”Daging sebetulnya stabil, kita antara Rp 120 ribu hingga 130 ribu,” ujarnya.

Terakhir, untuk pasokan telur, Nasri juga memastikan jika harganya akan tetap stabil meski kebutuhannya dimungkinkan akan meningkat saat memasuki lebaran. ”Telur juga sudah mulai membaik, sekitar Rp 22 ribu sampai dengan Rp 25 ribu,” pungkasnya.

 

Topik
Harga Cabai harga cabai mahal harga cabai kabupaten malang

Berita Lainnya