Perempuan Berdaya Masuk Skala Prioritas Program Bupati Trenggalek | Jatim TIMES

Perempuan Berdaya Masuk Skala Prioritas Program Bupati Trenggalek

Mar 16, 2021 16:31
Saat Bupati Trenggalek buka bisnis Boot Camp di Gedung Bhawarasa, Trenggalek
Saat Bupati Trenggalek buka bisnis Boot Camp di Gedung Bhawarasa, Trenggalek

TRENGGALEKTIMES - Peningkatan kualitas perempuan menjadi salah satu program unggulan dari Pemerintah Kabupaten Trenggalek. Hal ini dilakukan untuk menambah peran perempuan di kalangan keluarga dan di daerah asalnya.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menjelaskan, jika perempuan mempunyai peran sangat penting dalam membangun kualitas sumber daya manusia (SDM). Selain itu, bisa membantu suami mencari penghasilan tambahan, sehingga kebutuhan rumah tangga bisa tercukupi.

Baca Juga : Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Maksimalkan Lembaga Perlindungan Perempuan Hindari Kekerasan

"Peran serta kaum perempuan sangat penting, semakin banyak perempuan kreatif akan menimbulkan efek baik di lingkungan keluarga maupun di sekitarnya," jelasnya saat membuka bisnis Boot Camp Perempuan Hebat Trenggalek Meroket, Selasa (16/3/2021) di Gedung Bhawarasa lantai II.

Menurut pria yang akrab disapa Mas Ipin ini, perempuan bukan menggantikan peran laki-laki, melainkan lebih kepada membagi peran dan tanggung jawab keduanya sehingga kemampuan finansial keluarga bisa semakin meningkat.

Berdasarkan survey, perempuan berpenghasilan sendiri mampu mencukupi kekurangan gizi, sehingga tumbuh kembang anak lebih terjamin.

"Jika penghasilan suaminya hanya cukup untuk keperluan rumah, nantinya penghasilan istri atau perempuan bisa mencukupi gizi anak," tuturnya.

Mas Ipin menuturkan, bahwa pihaknya setiap tahun akan menciptakan 5000 pengusaha perempuan. Skala prioritasnya bagi perempuan pelaku UMKM yang sudah mempunyai usaha sendiri.

"Semakin banyak pengusaha perempuan, semakin banyak kontribusi UMKM. Sehingga menambah kontribusi di Kabupaten Trenggalek," kata Mas Ipin

Baca Juga : Pusatnya Cat Terlengkap, Graha Bangunan Gelar Paint Festival

Orang nomor satu di Trenggalek ini juga berharap, lahirnya pengusaha perempuan baru akan menjadi tolok ukur pembangunan inklusif. Sehingga menjadi dasar pemerintah daerah untuk mengambil kebijakan yang sesuai.

"Karena ini akan kita ukur sebagai indeks pembangunan inklusif kita. Kita ingin ekonomi kita nanti di drive tidak hanya laki-laki saja yang bekerja, melainkan juga perempuannya," harap Mas Ipin

Selain itu, Mas Ipin menambah, jika keseimbangan peran perempuan dan laki - laki terbentuk, kemungkinan besar akan berpengaruh pada kualitas keluarga, tidak hanya sekedar keluarga sejahtera. Namun bisa menjadi keluarga berkualitas dan melahirkan generasi cerdas.

"Selain itu angka kekurangan gizi pada anak bisa diatasi, serta melahirkan generasi aktif dan cerdas," pungkasnya.

Topik
perempuan berdaya Kabupaten Trenggalek Bupati Trenggalek

Berita Lainnya