Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Lewat Kegiatan Ini, Wujud Komitmen Diskopindag Majukan IKM Kota Malang

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

08 - Mar - 2021, 17:20

Placeholder
Kepala Diskopindag Kota Malang Muhammad Sailendra ST MM (foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, terus mendorong Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Malang untuk terus mendongkrak kemajuan IKM di Kota Malang. Upaya itu dilakukan melalui Koordinasi, Sinkronisasi dan Pelaksanaan Pembangunan Sumberdaya Industri (inkubator industri start up), di salah satu hotel di Kota Malang, Senin (8/3/2021).

Kepala Diskopindag Kota Malang Muhammad Sailendra ST MM menjelaskan, jika Kota Malang mempunyai potensi besar berbagai bidang usaha, mulai dari kuliner, fashion, maupun berbagai bidang digital. Terlebih lagi, saat pandemi, bidang-bidang usaha tersebut justru semakin menguat dan menjadi tren.

Baca Juga : Oknum Massa Aksi Pecahkan Kaca Mobil Polisi, Puluhan Orang Diamankan di Polresta Malang

"Meski di masa pandemi, tak mengurangi kreativitas dan antusias para anak muda dan ibu rumah tangga untuk berkreasi hingga muncul wirausaha baru. Karena itu, kami dari Diskopindag, semakin memperkuat dan mendorong pelaku IKM semakin maju," jelasnya.

Karenanya, 60 peserta yang merupakan pelaku IKM di bidang kuliner, khususnya mereka yang bergelut dalam industri kripik, kopi, maupun frozen food diberikan pembekalan dan pengetahuan-pengetahuan untuk lebih bisa membesarkan usaha mereka.

"Di sini kita berikan mereka wawasan mengenai kualitas produk mereka di bidang kripik, produksi kopi dan juga frozen food. Tiga jenis ini memang jadi tren sekarang, baik di Malang maupun kota lain," ungkapnya.

Tentu harapannya dari Pemkot Malang, dalam hal ini Diskopindag sebagai leading sektor adalah bisa meningkatkan produktivitas dan inovasi dari para pelaku IKM untuk terus berkembang.

"Ke depan, tak hanya tiga bidang ini. Tentunya akan ada bidang-bidang lain yang kami sasar, seperti fashion, industri digital kreatif yang lainnya," terang pria ramah ini.

Disampaikannya juga, jika dalam kegiatan pelatihan yang menghadirkan narasumber berkompeten di bidangnya ini, juga merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mendorong kebangkitan ekonomi nasional melalui kegiatan-kegiatan di tingkat lokal.

Baca Juga : Dangdutan Wali Kota Blitar Viral, Polisi Sebut Tak Ada Izin Satgas Covid-19

"Ya kegiatan yang kita lakukan di level lokal ini, tentu juga dengan harapan ada sinergitas program pemerintah pusat, maupun provinsi dalam upaya membangkitkan perekonomian. Dan Pemkot Malang sangat berkomitmen untuk itu," beber pria berkacamata ini.

Sementara itu, dalam kegiatan Koordinasi, Sinkronisasi dan Pelaksanaan Pembangunan Sumberdaya Industri (inkubator industri start up) ini, mengundang pemateri Dr H Catur Wahyudi MA yang memberikan semangat dan kiat-kiat untuk para pelaku usaha IKM semakin maju.

"Selalu fokus dalam usaha dan tidak pernah putus asa serta tidak menyepelekan spiritualitas menjadi salah satu kunci untuk bisa berhasil dalam usaha," pungkasnya.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni