Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Perkuat Pariwisata, Eks TPA Lowokdoro Bakal Disulap Jadi Destinasi Wisata Kreatif

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Yunan Helmy

02 - Mar - 2021, 11:17

Placeholder
Potret tumpukam sampah di eks TPA Lowokdoro yang akan diubah jadi destinasi wisata kreatif di Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang semakin memperkuat sektor pariwisata. Salah satunya, dengan memanfaatkan eks TPA Lowokdoro di kawasan Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sukun, Kota Malang, sebagai destinasi wisata kreatif.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni mengungkapkan, rencana untuk mengubah kawasan tersebut menjadi destinasi kreatif  bakal terealisasikan tahun 2022 mendatang.

Baca Juga : Wisata Boleh Kembali Buka, Satgas Covid-19 Tulungagung Belum Keluarkan Izin

Pihaknya menyebut detail enginering design (DED) dan masterplan area eks TPA Lowokdoro saat ini tengah dilakukan. Kisaran dana untuk mengubah eks TPA Lowokdoro menjadi destinasi wisata kreatif ditaksir mencapai Rp 11 miliar.

"Tahun depan kami mintakan anggaran ke Pak Wali (Wali Kota Malang Sutiaji) untuk pembangunan. Kalau secara  total hitungan kasar kami  lebih kurang Rp 11 miliar," ujar Ida Ayu.

Namun dana tersebut tidak serta merta untuk direalisasikan keseluruhan. Tahun 2022 nanti, masih dianggarkan sekitar Rp 2,5 miliar. Sebab, kawasan destinasi wisata kreatif itu akan dibuat secar bertahap.

"Tapi tahun depan kami hanya membutuhkan Rp 2,5 miliar duluanti itu akan kami lakukan secara bertahap," imbuhnya.

Nantinya, pembangunan tersebut bakal disiapkan area gantangan burung untuk memfasilitasi penggemar kicau mania. Kemudian, juga disediakan tempat penjualan suvenir dan kuliner khas Kota Malang.

Baca Juga : Alumni Unisma Jadi Sutradara Film Super Santri - Konspirasi Menguasai Negeri

Di samping itu, pembangunan tersebut juga akan dioptimalkan sebagai ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Malang. Juga ada penambahan fasilitas lain seperti musala, toilet, serta ruang laktasi.

"Kami buat kios-kios suvenir dan jajanan tradisional Malang. Ada pohon-pohon untuk memperkuat struktur tanah dinsitu. Dan kalau kami estimasi, bisa menambah ruang terbuka hijau lebih kurang 1,1 persen," ungkapnya.


Topik

Wisata



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Yunan Helmy