Libatkan Masyarakat, TP PKK Lumajang Diharapkan Fokus 10 Program Pokok ini | Jatim TIMES

Libatkan Masyarakat, TP PKK Lumajang Diharapkan Fokus 10 Program Pokok ini

Feb 23, 2021 07:10
Kegiatan Rapat Kerja (Raker) TP PKK Kabupaten dengan TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Lumajang Tahun 2021, bertempat di Ruang Nararya Kirana Lantai 3 Kantor Bupati Lumajang (Foto: LimajangTIMES).
Kegiatan Rapat Kerja (Raker) TP PKK Kabupaten dengan TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Lumajang Tahun 2021, bertempat di Ruang Nararya Kirana Lantai 3 Kantor Bupati Lumajang (Foto: LimajangTIMES).

LUMAJANGTIMES - TP PKK Kabupaten Lumajang diharapkan mampu menumbuhkembangkan potensi dan kontribusi masyarakat. Salah satu caranya dengan mengembangkan kemitraan dan organisasi kemasyarakatan melalui 10 Program Pokok PKK.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Lumajang, Teguh Widjayono menjelaskan, dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan kontrol untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Baca Juga : Memasuki Musim Hujan, BPBD Kabupaten Kediri Petakan Lokasi Rawan Bencana

Tujuan secara efektif adalah jika penyelenggaraan dan pelaksanaan program dilaksanakan secara baik dan beruntun. Sedangkan dikatakan efisien jika dalam pelaksanaan program memanfaatkan sumber daya yang tersedia dengan baik untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

“PKK saat ini harus mampu menjamin kesesuaian pelaksanaan kegiatan pada 10 Program Pokok PKK dengan rencana yang telah ditetapkan,” ungkapnya saat membuka kegiatan Rapat Kerja (Raker) TP PKK Kabupaten dengan TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Lumajang Tahun 2021, bertempat di Ruang Nararya Kirana Lantai 3 Kantor Bupati Lumajang, Senin (22/2/2021).

Jika terdapat tidak kesesuaian, lanjutnya, maka dilakukan upaya perbaikan dan harus mampu melakukan penilaian sendiri terhadap kegiatan yang dilakukan. Sehingga perkembangan dan hambatan segera terdeteksi.

Ditambahkannya, organisasi PKK adalah organisasi yang terstruktur dari pusat sampai ke tingkat desa. Untuk itu, program yang dilaksanakan untuk masyarakat harus tetap terjaga keberlanjutannya. Sehingga program PKK Kabupaten, Kecamatan sampai ke Desa bisa saling terhubung agar dapat berjalan dengan baik serta diimplementasikan secara tuntas.

Baca Juga : DPRD Banyuwangi Usulkan Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Terpilih ke Mendagri

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang,  Musfarinah Thoriq menjelaskan, rapat kerja bertujuan untuk mewujudkan sinkronisasi program antara TP PKK Kabupaten dengan TP PKK Kecamatan dan Desa. Untuk itu, diharapkan adanya persepsi dan upaya bersama untuk keberhasilan tujuan program dan kegiatan sesuai dengan target yang diharapkan.

"Terima kasih kami sampaikan atas dukungan Pemerintah Kabupaten Lumajang dan kerjasama yang baik antara TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa. Semoga peran dan hadirnya PKK di masyarakat betul-betul dirasakan manfaatnya," pungkasnya. 

Topik
TP PKK Kabupaten Lumajang peran PKK organisasi PKK Berita Jatim

Berita Lainnya