Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Pertama Libatkan SMP Kelas 9, Dinas Pendidikan Kota Batu Siapkan Pembelajaran Tatap Muka

Penulis : Mariano Gale - Editor : Yunan Helmy

11 - Feb - 2021, 11:39

Placeholder
Foto ilustrasi

BATUTIMES - Pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Batu tengah dipersiapkan meski pandemi covid-19 belum selesai. PTM itu bakal dimulai dari pendidikan tingkat SMP kelas 9.

Kepala Dindik (Dinas Pendidikan) Kota Batu Enny Rachyuningsih mengungkapkan, perwali (peraturan wali kota) soal PTM  telah ditandatangani Wali Kota  Dewanti Rumpoko. "Nanti kami persiapkan PTM di SMP terlebih dahulu. Apabila tidak penularan covid-19, langkah selanjutnya di tingkat sekolah dasar (SD)," ujarnya.

Baca Juga : Komisi I DPRD Trenggalek Panggil Diskominfo, Pertanyakan Pengajuan Dana Satu Data

 

Pembelajaran tatap muka  SMP kelaa 9 akan dievaluasi setelah dua minggu. Apabila hasil evaluasi itu baik, maka akan dilanjutkan ke kelas 8 dan nanti terus berlanjut ke tingkat SD. "Di tingkat SD juga sama. Mulai dari kelas 6 terlebih dahulu. Jika evaluasinya bagus, dilanjut ke kelas 5 dan seterusnya," ujar Enny.

Dalam pelaksanaan PTM nanti, akan ada tahap-tahap atau persyaratan yang dilalui. Pertama, wilayah harus zona kuning. Kemudian pembatasan 50 persen ruang sekolah.

"Proses persyaratan dalam bentuk proposal itu harus diserahkan kepada Dinas Pendidikan Kota Batu. Kemudian, Dinas Pendidikan melakukan visitasi. Hasil visitasi itu nantinya akan langsung diserahkan ke Satgas Covid-19 untuk mendapatkan izin menggelar sekolah tatap muka," jelasnya.

Selain itu, pihak sekolah harus memiliki tim Satgas Covid-19 di tingkat satuan pendidikan yang dibentuk berdasarkan SK dari kepala sekolah. Satgas Covid-19 di tingkat satuan pendidikan tersebut melibatkan komite sekolah dan tenaga pendidik.  

Baca Juga : Update Dugaan Kasus Gratifikasi Pemkot Batu Tahun 2011-2017, Jubir KPK: Saksi Bertambah

 

“Setiap sekolah yang sudah disetujui untuk pembelajaran tatap muka harus menerapkan protokol kesehatan. Nanti perwali akan mengatur teknis pendidikan tatap muka. Yakni fasilitas prokes (protokol kesehatan) yang disediakan oleh penyelenggara pendidik dan persetujuan orang tua murid," ucapnya.


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mariano Gale

Editor

Yunan Helmy