Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

UIN Malang Raih Penghargaan Satuan Berkinerja Terbaik I Kategori Badan Layanan Umum

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

05 - Feb - 2021, 17:30

Placeholder
Rektor UIN MALIKI Malang, Prof Abdul Haris, saat menerima penghargaan dari KPPN Malang, yang diserahkan langsung oleh Kepala KPPN, Teddy Jumat (5/1/2021) (Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang berbangga. Sebab, hari Jumat (5/2/2021) yang penuh berkah ini, kampus Islam negeri itu mendapatkan penghargaan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tipe A1 Malang. 

Penghargaan tersebut, diberikan kepada UIN Maliki Malang sebagai Satuan Berkinerja Terbaik I Kategori Badan Layanan Umum (BLU) Periode Triwulan IV tahun 2020.

Dari-9-Satker-BLU-UIN-Malang-Raih-Penghargaan-Satker-Terbaik-I-dari-KPPN-Malangeb232b2b47331e85.jpg

Baca Juga : Jadi RS Rujukan Covid-19, RSUD Kota Malang Tambah Sarana Prasarana Kesehatan

 

Kepala KPPN Malang, Teddy ST MSi menjelaskan, jika di Malang terdapat sembilan Satuan Kerja (Satker) BLU. Dari sembilan tersebut, KPPN mengambil tiga terbaik, di mana yang terbaik pertama merupakan UIN Maliki Malang.

Terkait penghargaan itu, tentu tak bisa serta merta. Instansi yang merupakan mitra KPPN harus memenuhi indikator-indikator penilaian. Sebuah Satker BLU, memiliki persyaratan substantif yang mencukupi. Satker BLU setidaknya memiliki jenis barang atau jasa yang dihasilkan, untuk penggunanya adalah masyarakat luas, antara lain jasa kesehatan, pendidikan, penelitian, pendanaan dan pengelolaan wilayah atau kawasan.

Kemudian, Satker BLU harus memiliki persyaratan teknis yang mumpuni. Dalam hal ini, memiliki kinerja layanan yang baik dengan jumlah SDM yang memadai. Selain itu, nominal aset yang dimiliki, potensi pendapatan, rasio penerimaan negara, terhadap jumlah biaya belanja operasional tidaklah timpang atau tak boleh masih besar pasak daripada tiang.

"Semakin tinggi rasionya, berarti kemandirian BLU untuk menopang biaya operasional semakin baik," jelasnya.

Kemudian juga terdapat indikator, kepatuhan terhadap rekonsiliasi laporan keuangan, memiliki laporan keuangan yang terstandar utamanya laporan pokok, realisasi anggaran, posisi keuangan, aktivitas dan aliran kas dan juga memiliki tata kelola yang baik.

"Dari variabel tadi, kita menilai. Dan untuk periode IV ini UIN Maliki Malang menjadi yang terbaik I dari sembilan satker," jelasnya.

Dari penghargaan ini, pihaknya berharap, bisa memotivasi satker yang menerima penghargaan untuk lebih baik lagi dan juga memotivasi satker lainnya untuk melaksanakan anggarannya dengan baik, tertib, efisien dan akuntabel. Dengan penghargaan yang setiap tiga bulan dilakukan secara rutin ini, penerima penghargaan selalu berganti. Terlihat semua satker punya keinginan yang kuat memberikan kinerja yang terbaik dalam pengelolaan Anggaran Pengeluaran dan Belanja Negara (APBN).

Ia menambahkan, dengan laporan yang baik pada kementerian dan lembaga, yang tentunya naik ke kementerian atau lembaga masing-masing, dan juga laporan kementerian pusat yang dikonsolidasikan kementerian keuangan juga bisa mendapatkan opini yang maksimal dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). 

Dari-9-Satker-BLU-UIN-Malang-Raih-Penghargaan-Satker-Terbaik-I-dari-KPPN-Malang-2ded3b3affb87d7f4.jpg

Baca Juga : Anggaran Dipangkas, Disnaker-PMPTSP Tetap Targetkan MPP Bisa Terbangun Tahun ini

 

"Karena nanti Lembaga Kontrol Keuangan Negara (LKKN) dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) juga diaudit BPK, ketika teman satker melaksanakan sesuai ketentuan maka penyajian laporannya juga akan semakin baik," terangnya.

Sementara itu, Rektor UIN Maliki Malang, Prof Abdul Haris, menyampaikan rasa terima kasih kepada KPPN Malang atas penghargaan terhadap UIN Maliki Malang sebagai Satuan Berkinerja Terbaik I kategori Badan Layanan Umum.

Sebagai sebuah institusi pendidikan, pihaknya selalu memberikan pelayanan maksimal dan berkualitas kepada berbagai pihak, baik itu civitas akademika UIN Maliki Malang maupun masyarakat secara umum dengan tetap sesuai kaidah-kaidah yang berlaku, baik dari akademik, kemahasiswaan maupun secara administratif.

"Ya kami telah mendapatkan penghargaan, diberikan tadi. Penghargaan ini menjadi cermin bagi kami pengelola lembaga untuk selalu meningkatkan pelayanan terbaik guna menyongsong UIN Malang menjadi 'Smart Islamic University'," jelasnya.

 


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni