Di Tulungagung Anak dengan Dua Unyeng-Unyeng Dianggap Lebih Nakal, Benarkah? | Jatim TIMES

Di Tulungagung Anak dengan Dua Unyeng-Unyeng Dianggap Lebih Nakal, Benarkah?

Jan 22, 2021 20:36
Ilustrasi, net
Ilustrasi, net

TULUNGAGUNGTIMES - Di Jawa, khususnya Tulungagung masih beredar mitos yang menyebut bahwa anak yang memiliki dua unyeng-unyeng atau pusar rambut lebih nakal daripada anak yang hanya memiliki satu. Salah satu di antaranya disampaikan Fitri (36) ibu dengan empat anak ini.

"Tiga anak saya laki-laki dan satu perempuan. Dari tiga laki ini, satu di antaranya sangat bandel karena punya dua unyeng-unyeng," kata Fitri.

Baca Juga : Dianggap Terlalu Berbau China, Negara ini Sengaja Ubah Nama Buah Naga

Lanjutnya, meski nakalnya melebihi kakak dan adiknya, menurut Fitri anaknya yang diberi nama Ruli (10) itu tidak gampang nangis. "Jatuh, dipukul temannya yang lebih besar bahkan dinasihati ayahnya hanya diam. Tidak nangis meski sakit, ini beda dari anak saya yang lain," ujarnya.

Unyeng-unyeng atau yang dikenal sebagai Cowclick atau Hair Whorl atau pusaran rambut yang telah terbentuk sejak anak dalam kandungan. Orang jawa sering mengidentikkan dua unyeng-unyeng ini menjadi ciri khusus sifat yang dimiliki sang anak.

"Biasanya begitu (nakal), namun jika besar dia juga lebih pintar karena anak yang punya unyeng-unyeng dua ini selain jarang juga sering diyakini sebagai anak pilihan," kata Edi Sutikno, pria yang cukup memahami mitos kejawen ini.

Sutik yang sering mengamati perilaku atau kebiasaan anak yang lebih nakal dari rata-rata teman yang lain merupakan ekspresi lebih (kecerdasan) yang masih belum dipahami seusianya. "Saya selalu niteni (meneliti) jika anak itu nakal, dia punya kelebihan dalam hal tertentu. Akan tampak jika menginjak dewasa," paparnya.

Anak dengan dua unyeng-unyeng ini menurut berbagai referensi hanya sebuah mitos yang sudah lama dipercaya masyarakat. Pada akhirnya kepercayaan masyarakat akan mitos tersebut membentuk pemikiran bahwa anak yang memiliki dua unyeng-unyeng pasti akan nakal.

Baca Juga : Mengintip Toilet Wisata Terbaik se-Indonesia yang Dipamerkan Sandiaga Uno, Seperti Apa?

Di sisi lain, mitos dua unyeng-unyeng menandakan anak nakal mungkin saja berkaitan dengan perilaku anak-anak autisme yang kebetulan memiliki dua unyeng-unyeng ini.

Seperti yang kita tahu, anak-anak autisme memang memiliki perilaku yang butuh pengendalian khusus. Namun, perilaku mereka itu bukan berarti dipengaruhi oleh dua atau satu unyeng-unyeng di kepalanya.

Secara umum wajar jika seorang anak sangat energik dan aktif sesuai pada tingkatkan usianya. Selain itu, normal juga jika mereka ingin melakukan beberapa hal yang dilarang oleh orangtuanya, karena rasa penasaran yang tinggi, bukan pengaruh dua unyeng-unyeng di kepalanya.

Topik
berita tulungagung unyeng unyeng

Berita Lainnya