Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

LaDub dan Malang Jejeg Tak Hadir, KPU Kabupaten Malang Tetapkan SanDi Paslon Terpilih

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

21 - Jan - 2021, 13:42

Placeholder
Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini (paling kiri) saat memberikan surat penetapan kepada Bupati dan Wakil Bupati Malang terpilih (foto: Hendra Saputra/ MalangTIMES)

MALANGTIMES- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang resmi menetapkan pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati terpilih HM Sanusi dan Didik Gatot Subroto di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Malang, Senin (21/1/2021).

Dalam penetapan tersebut, dua paslon lain yang maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) yakni Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono (LaDub) dan Heri Cahyono-Gunadi Handoko (Malang Jejeg) terlihat tidak hadir.

Baca Juga : Bupati Sanusi Bantah Tudingan Tumbal Politik dalam Pemilihan Ketum PSSI

Penetapan paslon terpilih itu berdasarkan surat dari Panitera Mahkamah Konstitusi (MK) 165/PAN.MK/01/2021 tahun 2021 perihal Keterangan Perkara PHP-Gub/Kab/Kot yang diregistrasi di Mahkamah Konstitusi, dan diteruskan ke KPU Kabupaten Malang.

"Penetapan Paslon terpilih ini merupakan tahapan Pilkada usai dilakukan rekapitulasi suara tingkat Kabupaten Malang beberapa waktu lalu," ungkap Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini.

Diterangkan Anis pada berita acara, penetapan Paslon Bupati Malang terpilih meraih suara 530.449 suara atau 45,51 persen dari total suara sah pada Pilkada yang digelar tahun 2020 lalu.

"Keputusan penetapan Paslon Bupati Malang terpilih ini berlaku sejak tanggal ditetapkan 21 Januari 2021," terangnya.

Sementara itu, Bupati Malang terpilih HM Sanusi merasa sangat bangga karena sejak proses pemilihan hingga proses rekapitulasi perhitungan suara tidak ada kendala yang ditemui.

"Sebagai paslon 1 terpilih, kami mengucapkan terima kasih kepada KPU pada pilkada karena meski di era pandemi tapi bisa berjalan dengan baik. Sama halnya dengan Bawaslu, yang mengawal perjalanan pilkada sehingga tidak ada masalah," ungkap Sanusi dalam sambutan singkat.

Baca Juga : Kota Malang Terapkan PPKM, Aturan Mendagri Dilakukan Modifikasi

Kedepan, Sanusi berharap proses selanjutnya yakni pelantikan berjalan lancar dan terlebih semua program yang telah direncanakan bisa berjalan dengan baik sehingga membuat Kabupaten Malang terus mengalami peningkatan positif dalam segala sektor.

"Mudah-mudahan proses berikutnya dapat berjalan dengan baik," ucapnya.

 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Sri Kurnia Mahiruni