Kunjungan DPRD Kota Batu ke Dusun Celaket, Desa Gunungsari.
Kunjungan DPRD Kota Batu ke Dusun Celaket, Desa Gunungsari.

Setiap ketua komisi DPRD Kota Batu diberi anggaran sebesar Rp 600 juta untuk melakukan reses tahun 2020 di enam dusun. Enam dusun yang menjadi sasaran reses adalah Kungkuk Desa Bulukerto, Dusun Kekep Desa Tulungrejo, Dusun Punten Desa Punten, Dusun Gondang Desa Tulungrejo, Dusun Pagergunung Desa Gunungsari, dan Dusun Celaket Desa Gunungsari.

"Jadi reses tahun 2020 ini anggarannya Rp 600 juta. Ada 14 usulan untuk enam desa. Kebanyakan 90 persen itu warga minta pembangunan fisik," ujar anggota DPRD Kota Batu H Khamim Tohari, Sabtu (19/12/2020)

Baca Juga : Kabar Terkini, Begini Kelanjutan Janji Sutiaji Pertemukan Aremania dengan Yayasan Arema

"Di sisi lain, dari anggaran Rp 600 juta, setiap dewan diwajibkan untuk mengakomodasi usulan perbaikan musala, masjid, bedah rumah dan pengembangan kelompok usaha bersama (kube). Sisanya untuk usulan masyarakat itu," tambahnya

Anggaran Rp 600 juta tersebut untuk mengakomodasi usulan masyarakat dalam pokok-pokok pikiran dewan. "Memang setiap anggota dewan tidak dapat mengakomodasi semua usulan dari masyarakat. Namun, kami berharap sebagian usulan dapat terealisasi. Kalau saya, ada 6 dusun yang didatangi. Kemudian dari 5 dusun, yang sudah diinventarisasi ada sekitar 14 usulan. Kalau ditotal kebutuhannya sekitar Rp 800 juta. Anggaran itu tidak cukup.  Maka kami ajukan ke pihak PUPR atau dinas terkait," ujarnya

Untuk saat ini, pihak telah melakukan kunjungan ke 5 dusun."Tinggal Dusun Pagergunung Desa Gunungsari yang belum dikunjungi," kata Khamim.