Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lingkungan

Hari Gunung Sedunia, Timsus Pendaki Difabel Linksos Tanam Pohon di Gunung Wedon

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Nurlayla Ratri

14 - Dec - 2020, 08:49

Placeholder
Kelompok Difabel dari Linksos bersama rekan-rekan mahasiswa dalam aksi penanaman pohon di Gunung Wedon. (Foto: Linksos for MalangTimes) 

Momentum peringatan Hari Gunung Sedunia pada tanggal 11 Desember 2020, Tim Khusus Pendaki Difabel dari Lingkar Sosial (Linksos) melakukan pendakian ke Gunung Wedon. Kegiatan itu dalam rangka melakukan penanaman bibit pohon. 

Ketua Dewan Pembina Linksos, Kertaning Tyas mengatakan bahwa pihaknya bertujuan agar siklus kehidupan di alam terbuka juga harus terus terjaga. 

Baca Juga : Songgoriti Jadi Kampung Konservasi di Kota Batu, Lepas 144 Burung

"Ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan tim atas beberapa area pegunungan yang sudah gundul dan minimnya pohon utamanya pohon buah," ungkapnya kepada pewarta, Senin (14/12/2020). 

Pria yang akrab disapa Ken Kerta ini mengatakan bahwa penyebab gundulnya pohon di kawasan Gunung Wedon di antaranya disebabkan oleh kebakaran hutan, baik secara alamiah maupun ulah oknum manusia yang tidak bertanggung jawab.

Pihaknya memilih benih pohon buah untuk ditanam di kawasan Gunung Wedon agar terus menjaga ekosistem dan kelestarian kehidupan satwa liar yang ada. 

"Khususnya keberadaan pohon buah di hutan sangat penting bagi stok pangan satwa liar. Minimnya pangan berpotensi sebagai penyebab kepunahan, juga menimbulkan konflik antara satwa liar dengan manusia," jelasnya. 

Terlebih lagi kampanye penyadaran atas lingkungan sekitar ini melibatkan kelompok difabel yang tergabung dalam Linksos serta para mahasiswa dari Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Kanjuruhan Malang dan Universitas Ma Chung. 

"Selain penanaman pohon, juga dilakukan aksi sosial pemeriksaan kesehatan gratis terhadap warga masyarakat difabel dan lansia (lanjut usia, red) di sekitar Gunung Wedon, tepatnya di Desa Turirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang," terangnya.

Baca Juga : Ternyata, Kasus Penebangan Pohon Sonokeling Ada Permohonan dari Polres Tulungagung, JPIK akan Lapor Gubernur

Disampaikan Ken Kerta bahwa dipilihnya Gunung Wedon sebagai lokasi penanaman pohon karena pertimbangan Gunung Wedon salah satu yang mudah dijangkau dan memang perlu penanaman pohon buah untuk menjaga ekosistem satwa liar di alam terbuka. 

"Gunung Wedon mudah dijangkau, serta merupakan lokasi pendidikan dan pelatihan difabel mendaki gunung, kegiatan olahraga kerjasama LINKSOS dengan Pemerintah Desa Turirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang," ujarnya. 

Ken Kerta menambahkan bahwa agenda penanaman pohon yang melibatkan kelompok difabel dengan mendaki Gunung Wedon ini untuk menghapus stigma kepada kelompok difabel. 

"Sebagai upaya meningkatkan imunitas di masa pandemi sekaligus kampanye hapus stigma disabilitas," tutupnya. 


Topik

Lingkungan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Nurlayla Ratri