Wakapolresta Banyuwangi menerima Promoter Award dari Lemkapi di Rupatama Wira Pratama Polresta Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim Times
Wakapolresta Banyuwangi menerima Promoter Award dari Lemkapi di Rupatama Wira Pratama Polresta Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim Times

Polresta Banyuwangi meraih penghargaan Promoter Award dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) yang diserahkan oleh Direktur Eksekutif Lemkapi  Edi Saputra Hasibuan, di Rupatama Wira Pratama Polresta Banyuwangi, Rabu (2/12/2020).

Pemberian penghargaan dari Lemkapi kepada Polresta Banyuwangi merupakan bentuk apresiasi atas inovasi Polresta Banyuwangi dalam menekan penyebaran Covid-19 dengan program seperti antara lain, e-kampung tangguh, motor Bhabinkamtibmas peduli pendidikan, thermal gate scanner dan mobil imbauan Covid-19.

Baca Juga : Hadiri Dialog Nasional Reuni 212, Rizieq Shihab Ngaku Masih Diobservasi dan akan Rapid Test

Dalam acara tersebut Kapolresta Banyuwangi diwakili oleh AKBP Wahyu Kusumo Bintoro, Wakapolresta Banyuwangi. Sementara Lemkapi didampingi  Sekjen Lemkapi Lely Ani Daulay dan Manager Riset Lemkapi Ujang Jaka Suryana serta hadir pula PJU Polresta Banyuwangi.

Dalam kesempatan tersebut Wakapolresta Banyuwangi, menyampaikan ucapan  selamat datang kepada Tim Lemkapi dan merupakan kebanggaan bagi Polresta Banyuwangi yang berbatasan dengan Bali, Jember, Situbondo dan Bondowoso.

Selanjutnya, AKBP Wahyu Kusumo Bintoro menjelaskan, inovasi yang ada di Polresta Banyuwangi, antara lain E-Kampung Tangguh, melalui koneksi website tentang seluruh kegiatan Polres dan Polsek jajaran, Mobil Covid Hunter, digunakan dalam operasi yustisi dan membawa masyarakat yang terindikasi terpapar Covid-19 untuk dibawa ke tempat isolasi. Motor Bhabinkamtibmas Peduli Pendidikan yang dilengkapi wifi berjalan untuk membantu siswa di pelosok memenuhi kebutuhan pendidikan di tengah pandemi, dan Mobil probiotik dan  Mobil berkah.

“Kedatangan bapak bersama tim tentu memberikan semangat kepada kami untuk bekerja lebih giat lagi, lebih tulus dan ikhlas bagi kemanfaatan masyarakat agar terhindar dari fatalitas akibat Covid-19,” jelas Wakapolresta.

Sementara Dedi Saputra Hasibuan, Direktur Eksekutif Lemkapi, menyampaikan pihaknya sudah lama melakukan pemantauan terhadap kegiatan Polresta Banyuwangi dan melalui serangkaian tahapan yang panjang.

”Ada mobil berkah. Bapak selain menjalankan tugas pokok kepolisian juga telah melaksanakan tugas kemanusiaan. Kami juga melakukan penelusuran tingkat kepuasan masyarakat atas pelaksanaan tugas kepolisian. Angka kepuasan masyarakat ada pada 82,72 persen,” jelasnya.

Baca Juga : Beredar Dokumen Hasil Swab Test Rizieq Shihab Positif Covid-19, Ini Kata FPI

Selanjutnya, Hasibuan menuturkan, pihaknya datang ke sini untuk memberikan penghargaan dan ucapan terimakasih atas kinerja seluruh anggota Polresta Banyuwangi yang sudah melaksanakan tugas melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat dengan baik. 

“Kami berharap hal ini menjadi contoh dan model bagi Polres-Polres di Indonesia yang lain,” pungkasnya.