Lexus UX 300e (Foto:  Autotimesnews.com)
Lexus UX 300e (Foto: Autotimesnews.com)

Lini grup Toyota, Lexus akhirnya resmi meluncurkan mobil listrik di Indonesia yakni Lexus UX 300e. Peluncuran itu digelar pada Rabu (25/11/2020) melalui streaming media sosial pukul 13.00 WIB.  

UX 300e merupakan compact luxury Crossover berteknologi full listrik (battery electric vehicle/BEV) yang pertama dari Lexus.

Baca Juga : Yamaha Gear 125 Resmi Meluncur Hari Ini, Berikut Spesifikasi & Harganya

"Kami optimistis kehadiran Lexus UX 300e akan memberikan warna baru bagi industri otomotif, lifestyle, dan luxury market di Indonesia terutama untuk para Lexus Enthusiasts yang sangat environmentally conscious (mengutamakan kebersihan lingkungan)," kata General Manager Lexus Indonesia, Meinisa dalam keterangan resmi.  

Untuk sistem penggerak, mobil ini dibekali baterai jenis Lithium-ion. Mobil ini memiliki motor listrik berkapasitas 54.35 kWh yang bisa menghasilkan 201 daya kuda dan torsi 300 Nm.

Bahkan, UX 300e ini diklaim bisa mencapai 300 km dengan sekali pengisian daya listrik.  

Mobil juga dilengkapi dengan AC Wall Charger yang bisa dipasang dimanapun sesuai keinginan dan sebuah Household Socket Charging Cable yang digunakan di stop kontak dinding standar.

Lexus UX 300e
Foto: Toyota Indonesia

Menariknya mobil ini tak hanya bisa mengisi daya di rumah. Melainkan juga bisa mengisi dat=ya baterai di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang telah disediakan oleh PT PLN.

Proses pengisian baterai dari 0 sampai penuh dengan AC Wall Charger membutuhkan kurang lebih lima sampai enam jam.  

Sementara jika mengisi daya baterai menggunakan DC Fast Charging membutuhkan waktu kurang lebih 50 menit.

Mobil ini tentunya memiliki fitur andalan dan menarik. Lexus UX 300e hadir dengan model exterior khas Lexus UX seperti signature Lexus spindle grille, 3-LED Projector Headlights.

Pada bagian pintu belakang ditunjang dengan Power Back Door with Kick Sensor.

Baca Juga : Besok, Lexus Bakal Launching Mobil Listrik di Indonesia, Intip Bocorannya

Sementara untuk bagian interiornya mobil ini membuat pengendara bisa melihat Digital Optitron Tachometer dan Head-Up Display yang dapat menampilkan informasi berkendara seperti kecepatan dan daya baterai.

Lexus UX300e 2020 detailed: 400km of range, 150kW of power - Car News |  CarsGuide
Foto: CarsGuide

Untuk penumpang juga disediakan fitur multimedia dilengkapi dengan 13-speaker Mark Levinson Surround Sound System dan 10.3 inci di tengah dasbor.

Fitur keselamatan pada mobil ini dibekali Lexus Safety System+, yaitu teknologi active safety yang dikembangkan untuk mendukung pengemudi dan mengurangi potensi dan dampak kecelakaan.

Diketahui, Lexus Safety System+ memiliki 4 fitur utama yaitu Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) dan Adaptive High Beam System (AHS).

Mobil yang didatangkan dalam bentuk CBU dari Jepang ini dibanderol harga Rp 1.245 miliar.