Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Vaksinasi Covid-19 Rencana Maret 2021, Dinkes Kota Batu Pastikan Tak Ada Penundaan

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

20 - Nov - 2020, 14:33

Placeholder
Petugas kesehatan saat melakukan rapid test kepada ASN di Balai Kota Among Tani beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Pendataan kebutuhan vaksinasi Covid-19 telah dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batu dan Dinas Kesehatan bagi warga Kota Batu yang membutuhkan. Sesuai dengan jadwal vaksin tersebut akan datang pada bulan Maret 2021, dan dipastikan tidak ada penundaan jadwalnya.

“Sejauh ini kami telah melakukan pendataan, dan menegaskan tidak ada penundaan terkait dengan jadwal vaksinasi covid-19 di Kota Batu,” ungkap Kepala Dinas Kesehata Kota Batu, drg Kartika Trisulandari.

Baca Juga : Satu Pegawai Terkonfirmasi Positif, Kantor PN Kota Kediri Tutup sementara

Ia menambahkan, setelah pendataan, saat ini pihaknya menunggu langkah selanjutnya. Saat ini Dinas Kesehatan juga telah menyiapkan sumberdaya manusia yang akan melakukan vaksinasi Covid-19. Mereka yang terpilih ini tentunya telah mendapatkan pelatihan, mulai dari cara menyuntik vaksin, dan yang berkaitan dengan vaksinasi.

“Untuk jumlah SDM-nya sudah cukup untuk melakukan tugasnya. Dan sejauh ini vaksin covid-19 masih berlangsung uji coba tahap tiga oleh pemerintah pusat, setelah dinyatakan berhasil dan aman segera diproduksi di Biofarma dan didistribusikan ke seluruh daerah, termasuk Kota Batu,” jelas Kartika. 

Kebutuhan vaksin covid-19 untuk Kota Batu kurang lebih ada 3 ribu vaksin. Anggaran yang diajukan kepada DPRD Kota Batu kurang lebih Rp 2,9 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Kebutuhan vaksin itu akan diprioritaskan kepada mereka dengan risiko tinggi. Misalnya petugas kesehatan, TNI, Polri, petugas pelayanan. Setelah itu, baru vaksin akan diberikan kepada masyarakat Kota Batu.

Baca Juga : Angka Terkonfirmasi Positif Meningkat, Pendidikan Jarak Jauh di Kota Kediri Diperpanjang

“Mereka yang mendapatkan vaksin ini diutamakan bagi yang bertugas di lapangan karena rentan terkena covid-19. Setelah itu akan diberikan kepada masyarakat,” terangnya.

Mereka yang menerima itu targetnya warga yang usianya 15-59 tahun. Penerima vaksin masing-masing akan mendapatkan dua kali injeksi. Antara injeksi pertama dan kedua diberi rentang waktu 14 hari. “Satu orang dapat dua kali,” tutup Kartika.


Topik

Kesehatan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni