Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq ketika menyampaikan potensi Ranupani (Foto : Kominfo / Jatim TIMES)
Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq ketika menyampaikan potensi Ranupani (Foto : Kominfo / Jatim TIMES)

Nani Heniarti, Deputi Bidang Koordinasi Lingkungan dan Kehutanan, Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik, mengaku takjub dengan keindahan Ranupani, dalam kunjungannya hari ini, Selasa (17/11).

Dalam kesempatan ini Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq mempresentasikan seluruh potensi dan perencanaan pengembangan kawasan Ranupani, sebagai salah satu destinasi yang sedangkan disiapkan Kabupaten Lumajang, sebagai kawasan wisata unggulan.

Baca Juga : Pantai Lumbung Tulungagung, jika Beruntung Dapat Melihat Pulau Kecil Terapung 

 

Bupati Lumajang, kawasan Ranupani selama ini sudah dikenal sebagai kawasan transit untuk pendakian ke Gunung Semeru. Maka dengan bekerjasama dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), kawasan ini sedang dalam persiapan untuk dibangun sejumlah fasilitas penunjang, termasuk didalamnya pengerukan Ranupani.

"Pendakian Gunung Semeru ini by system sudah dimulai, saya berharap ini menjadi yang terbaik yang ada di Indonesia, kami juga akan lengkapi fasilitas pendukungnya, untuk itu kami sudah berkoordinasi dengan TNBTS," kata Cak Thoriq, menguraikan potensi Ranu Pani.

Cak Thoriq juga menjelaskan, perencanaan revitalisasi kawasan Ranupani akan diawali dengan mengajak masyarakat khususnya para pecinta alam untuk pengerukan Danau Ranupani. Hal itu dilakukan untuk memupuk rasa memiliki dan ikut menjaga ekosistem alam.

Dalam rangka menarik wisatawan, Pemkab Lumajang juga menyampaikan rangkaian kegiatan pendukung, salah satunya konser Mahameru Akustik, yang dalam perencanaanya didukung dengan fasilitas amplitheater.

Sementara, Deputi Bidang Koordinasi Lingkungan dan Kehutanan, Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Nani Hendriati mengaku takjub dengan pemandangan yang ada di Kawasan Ranupani. Menurutnya, Ranupani memiliki potensi luar biasa pada sektor pariwisata di Kabupaten Lumajang.

"Ini bagus, highland sebuah potensi yang luar biasa," terangnya.

Baca Juga : Bupati Lumajang Perkenalkan Potensi Investasi Wisata kepada JK-OEJ 

 

Nani Hendiarti juga memberikan sambutan positif terhadap usaha Pemkab Lumajang, dalam mengelola potensi daerah.