Garda Wanita Malahayati Nasdem Yakin Kenaikan Kelas UMKM Solusi Tepat Pulihkan Ekonomi | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Garda Wanita Malahayati Nasdem Yakin Kenaikan Kelas UMKM Solusi Tepat Pulihkan Ekonomi

Nov 13, 2020 19:10
Erna Agustina, Ketua Garda Wanita Nasdem bersama Cabup Ipuk Fiestiandani Azwar Anas Nurhadi Banyuwangi Jatim Times
Erna Agustina, Ketua Garda Wanita Nasdem bersama Cabup Ipuk Fiestiandani Azwar Anas Nurhadi Banyuwangi Jatim Times

Program yang ditawarkan Pasangan Calon (Paslon) Ipuk Fiestiandani Azwar Anas- H. Sugirah (Ipuk-H. Sugirah) pada perempuan khususnya  Program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) naik kelas banyak mendapat apresiasia. Salah satunya dari Garda Wanita Malahayati Nasdem Kabupaten Banyuwangi.

Erna Agustina, Ketua Garda Wanita Malahayati Nasdem Banyuwangi  menilai salah satu program Palson Nomor Urut 2 merupakan program yang tepat dalam membantu pemulihan ekonomi dikarenakan pandemi Covid-19.  

Baca Juga : Punya Ukuran Mulut Tak Biasa, Perempuan Ini Viral dan Raup Rp 204 Juta Lewat TikTok

“Sejak wabah Covid 19 melanda dunia banyak ibu yang menjadi tulang punggung perekonomian keluarga karena suaminya terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dari tempat kerja mereka,” kata Erna saat ditemui di rumahnya Jumat (13/11).

Untuk diketahui, Cabup Ipuk Fietiandani Azwar Anas dalam beberapa kali pertemuan dengan komunitas perempuan Banyuwangi menyampaikan program UMKM naik kelas. Program yang ditawarkan antara lain; memberikan pendidikan dan pelatihan ketrampilan bagi perempuan, bantuan modal, Packaging sampai dengan pemasaran dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IT). ”Dari sektor UMKM perempuan diharapkan mampu membangkitkan perekonomian, karena dengan adanya pelatihan, bantuan modal, pendampingan yang baik pengemasan yang bagus maupun penjualan secara Online. UMKM bisa memberikan kontribusi pada kaum perempuan. Sedangkan bagi kaum pria paslon nomor urut 2 juga  memberikan bantuan alat usaha dan produksi sesuai dengan minatnya,” jelas Dosen Fisip Untag 1945 Banyuwangi itu.

Mantan wartawati itu menuturkan pihaknya selalu berusaha mengundang Cabup Ipuk dalam berbagai kegiatan komunitas perempuan, seperti komunitas menjahit dan membuat snack atau makanan ringan. Harapannya UMKM supaya bisa meningkatkan pendapatan serta meningkatkan produktivitas usaha yang dilakukan komunitas perempuan.

”Sampai saat ini kebanyakan keluhan dari para pelaku UMKM Banyuwangi terkait dengan pemasaran produk. Karena selama ini promosi yang digunakan cara konvensional atau hanya mengandalkan informasi dari mulut ke mulut. Dengan program UMKM naik kelas maka pemasaran akan dilakukan secara online dengan didukung IT. Selain itu juga mengajak pada masyarakat sekitar UMKM untuk belajar pemasaran secara online sehingga akan menjangkau pasar yang lebih luas,” imbuh perempuan berambut pendek tersebut. 

Ibu tiga anak itu menambahkan pihaknya optimistis program peningkatan UMKM ini langsung bisa dilaksanakan apabila paslon Ipuk-H. Sugirah berhasil menjadi pemenang dalam kontestasi pilkada 9 Desember 2020 mendatang. Garda Wanita Nasdem bersama dengan komunitas perempuan anggota tim pemenangan paslon nomor 2 akan melakukan pendampingan mulai proses produksi yang sesuai standar kesehatan, permodalan, packaging sampai dengan  pemasaran yang berbasis IT sehingga ada hasil atau Goal yang dicapai.

Baca Juga : Abella Citra Prayudisetyo, Gadis Manis Asal Ngawi yang Gemar Kampanyekan Pertanian Organik

“Kami sudah membangun jaringan yang digunakan untuk permodalan UMKM mulai dari; Kementerian Perdagangan RI, Perbankan, Dinas Koperasi dan UMKM Banyuwangi maupun dana Corporate Social Responsility (CSR) BUMN maupun Dunia Usaha untuk mewujudkan taglin yang diusung paslon bupati-wakil bupati Banyuwagi nomor 2 Ipuk-H. Sugirah yaitu Menjaga Kesinambungan dan mewujudkan Banyuwangi yang maju sejahtera dan berkah,” tegas Erna mengakhiri wawancara.                                              

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pilkada Banyuwangi nasdem banyuwangi

Berita Lainnya