Bawaslu Banyuwangi  Ingatkan Tim Pemenangan Patuhi Aturan Pemasangan APK | Jatim TIMES

Bawaslu Banyuwangi Ingatkan Tim Pemenangan Patuhi Aturan Pemasangan APK

Nov 03, 2020 20:56
Joyo Adi Kusumo dari Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Banyuwangi (Nurhadi Banyuwangi Jatim Times)
Joyo Adi Kusumo dari Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Banyuwangi (Nurhadi Banyuwangi Jatim Times)

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Banyuwangi mengingatkan tim pemenangan masing-masing pasangan calon (paslon) bupati-wakil bupati untuk mematuhi aturan pemasangan alat peraga kampanye (APK) maupun bahan kampanye (BK). Tim pemenangan harus menyesuaikan dengan surat edaran (SE) Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Banyuwangi.

”Patuhi surat edaran KPU  yang sudah diberikan paslon. Di situ rambu-rambunya sudah jelas, baik tata cara pemasangan, larangan tempat pendidikan tempat ibadah bagi pemasangan APK dan BK. Termasuk larangan memasang APK dengan paku maupun menggantung di tiang listrik,” tegas Joyo Adi Kusumo dari Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Banyuwangi kepada wartawan di ruang kerjanya Selasa (3/11).

Baca Juga : Debat Pilkada Sumenep, KPU Siapkan 9 Panelis

Menurut dia, memasuki sekitar satu bulan pelaksanaan kampanye pilbup Banyuwangi, selama tiga hari mulai Senin (2/11) kemarin pihaknya melaksanakan program penertiban APK dan BK yang dipasang oleh tim pemenangan paslon nomor 1 H Yusuf Widyatmok-KH Muhamad Riza Azizy (Mas Yusuf-Gus Riza) dan paslon nomor 2 Ipuk Fiestiandani Azwar Anas-H. Sugirah (Ipuk-H. Sugirah) di semua wilayah Banyuwangi.

Selanjutnya dia menyatakan, penertiban harus diawali dengan tertib adminstrasi dan sesuai dengan aturan yang ada. Bawaslu akan melakukan kajian terlebih dahulu sebelum menertibkan APK dan BK yang dipasang paslon.

Kemudian terkait dengan adanya informasi APK yang ditertibkan oleh petugas  namun dalam beberapa saat sudah terpasang lagi, Bawaslu Banyuwangi ada melakukan penertiban pada periode berikutnya.”Kegiatan penertiban APK dan BK digelar secara periodik dan direncanakan dalam beberapa waktu mendatang kami akan kembali  menggelar program penertiban APK dan BK yang dinilai melanggar aturan,”imbuhnya.

Joyo menambahkan saat ini pihaknya belum bisa memberikan data secara terinci pelanggaran yang dilakukan masing-masing paslon. Alasannya proses penertiban saat ini sedang berlangsung di semua kecamatan yang ada di Banyuwangi.

 

Topik
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pilkada Kabupaten Banyuwangi Pasangan calon

Berita Lainnya