(Tengah) Bupati Jombang Mundjidah Wahab berfoto dengan penerima bantuan sembako di kampung KB ngusikan. (Foto : Dokumentasi Bagian Humas dan Protokol Setdakab Jombang)
(Tengah) Bupati Jombang Mundjidah Wahab berfoto dengan penerima bantuan sembako di kampung KB ngusikan. (Foto : Dokumentasi Bagian Humas dan Protokol Setdakab Jombang)

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab dengan didampingi Kepala Dinas PPKB dan PPPA Kabupaten Jombang, Nur Kamalia, memberikan bantuan kepada warga di Desa Ngampel dan Cupak Kecamatan Ngusikan dalam agenda Pembinaan dan Aksi Berbagi untuk Kampung KB, Selasa (20/10/2020) lalu.

Ucapan terima kasih dan apresiasi disampaikan Bupati Jombang kepada jajaran PPKB dan PPPA yang telah membantu warga di kawasan kampung KB Kecamatan Ngusikan.

Baca Juga : Bupati Jombang Hadiri Rakor Pendamping PKH, Minta Petugas Kawal Verval dengan Baik

Aksi berbagi yang digelar menyongsong Hari Jadi Jombang ke-110 ini, di Kampung KB Desa Ngampel dan Cupak masing-masing desa mendapatkan bantuan sebanyak 70 paket sembako yang diserahkan Bupati Jombang Mundjidah Wahab.

"Bantuan tersebut diberikan kepada warga lansia dan tidak mampu. Baik yang ada di Balai Desa Cupak dan juga Balai Desa Ngampel, Kecamatan Ngusikan," terang Mundjidah.

Mundjidah juga mengingatkan tujuan dibentuknya Kampung KB sejak awal adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program bangga kencana. Serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Perlu diketahui bersama, konsep kampung KB yang dikembangkan bukan semata konsep sektoral tentang urusan program keluarga berencana saja. Akan tetapi juga dimaknai sebagai upaya mewujudkan kampung keluarga berkualitas, yang mampu mengimplementasikan 8 fungsi keluarga. Yaitu,  fungsi agama, fungsi sosial budaya, fungsi cinta dan kasih sayang, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi, dan fungsi lingkungan. Sehingga mampu mewujudkan masyarakat yang sadar tentang pembangunan berwawasan kependudukan.

Dari 8 poin itu, Mundjidah juga menekankan betapa pentingnya peran orang tua selalu mengawasi anak-anaknya. Baik ketika di luar rumah maupun di dalam rumah.

"Jadi kita sebagai orang tua harus ekstra hati-hati dalam mengawasi anak ketika bermain HP. Apalagi di era belajar daring online. Orang tua harus selalu mendampingi apa yang sedang dilihat anak di hp tersebut," pesannya.

Baca Juga : Bupati Jombang Hadiri Pengukuhan PAC ABPEDNAS Ploso

Sejalan dengan hal itu, Mundjidah berharap, kegiatan ini dapat mencapai sasaran dan memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Terutama kepada keluarga pra sejahtera dalam memperoleh akses kesehatan maupun kesejahteraan. 

Diharapkan semua lintas sektor mengarahkan program kegiatan, sarana dan prasarana ke Kampung KB demi mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kampung KB.

Hadir pada acara tersebut Kepala Dinas PPKB dan PPPA Kabupaten Jombang, Camat Ngusikan dan jajaran Forkopimcam Ngusikan, Kepala Desa Cupak dan Ngampel, serta koordinator Penyuluh KB. (Adv)