Alfani R. Maswatu, Kapten Tim Bola Volley Putri PON Papua Nurhadi Banyuwagi Jatim Times
Alfani R. Maswatu, Kapten Tim Bola Volley Putri PON Papua Nurhadi Banyuwagi Jatim Times

Lebih dari sekitar 6 bulan tinggal di Banyuwangi mengakibatkan Briptu Alfani R. Maswatu jatuh cinta pada nasi tempong. Polwan cantik anggota reserse kriminal umum (Reskrimum) Polda Papua ini tengah mengikuti pemusatan latihan/training centre (TC) tim bola volley PON putri Papua di bumi Blambangan sejak Maret 2020 lalu.

Nasi tempong sendiri merupakan kuliner khas Banyuwangi yang menjadi buruan wisatawan apabila berkunjung ke Bumi Blambangan di ujung timur pulau Jawa ini.

Baca Juga : Mencicipi Mi Pak Min Langganan Pejabat dan Bupati Banyuwangi

 

Selain kulinernya yang nikmat, bagi Alfani keramahan dan kehangatan masyarakat Banyuwangi menjadi salah satu alasan dia merasa aman nyaman dan kerasan.

”Kondisi alam yang mirip dengan Papua, ada pantai laut dan gunung menyebabkan kami kerasan di sini. Ditambah dengan banyaknya menu makanan yang enak terutama nasi tempong, makanan yang saya suka karena sambalnya sangat enak,” jelas Kapten Tim Volley putri Papua tersebut.

Selanjutnya, Banyuwangi memiliki banyak tempat wisata yang indah. Sehingga pada saat pemain mengalami kejenuhan, bisa diatasi diselingi dengan berbagai. Mereka juga kerap menggabungkan program latihan dengan program rekreasi karena kondisi alamnya cukup mendukung.

Selain itu, lajang kelahiran Merauke 1995 itu menuturkan biaya hidup di Banyuwangi yang memiliki fasilitas latihan yang cukup lengkap sangat murah apabila dibandingkan dengan biaya TC yang dilakukan di daerahnya Provinsi Papua. 

Kemungkinan tim volley putri PON Papua akan menggelar TC di Banyuwangi hingga menjelang gelar Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2021 yang digelar di Provinsi Papua.

“Sebagai tuan rumah, kami ditargetkan meraih medali emas dalam cabang olahraga bola volley. Untuk itu kami berupaya melakukan latihan maksimal di Banyuwangi. Kami optimis meraih predikat juara satu,” tegas pengidola Nathalia (pevoli asal Brasil) itu.

Baca Juga : Warung Ini Tawarkan Sensasi Makan di Tepi Sungai Brantas, Suasana Indahnya Bikin Betah

 

Gadis berkulit putih yang menyukai bakso itu menambahkan tim-tim volley putri di Indonesia yang menjadi pesaing berat bagi tim Papua untuk merebut medali emas. Di antaranya ada tim PON Putri Jawa Barat (Jabar), DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan tentu saja Jawa Timur yang dikenal tangguh dalam cabor bola volley.

Lebih lanjut Alfani menambahkan dalam menghadapi pandemi wabah Covid 19, dia berharap agar masyarakat tidak dihinggapi rasa takut berlebihan dan selalu berupaya tetap tenang. 

“Masing-masing individu yang mengetahui kesehatan pribadinya. Yang terpenting ikuti protokol kesehatan (prokes) yang ditetapkan oleh pemerintah mulai memakai masker, selalu menjaga jarak dan mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Juga menerapkan pola hidup yang sehat dengan olahraga dan istirahat cukup maupun pola hidup sehat yang lain,” imbuhnya mengakhiri wawancara di sela latihan di GOR Tawangalun Banyuwangi.