Pengunjung warung semox menikmati makanan di tepi Sungai Brantas Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Pengunjung warung semox menikmati makanan di tepi Sungai Brantas Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

Belum pas rasanya bila berkunjung ke Jombang tanpa menikmati aneka kuliner yang ada di kota santri ini. Salah satu tempat kuliner yang patut dicoba di kota kelahiran Presiden RI Ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini, adalah Warung Semox yang berada di tepi Sungai Brantas.

Tempat kuliner yang satu ini cukup menarik para pengunjung dari dalam maupun luar Jombang. Betapa tidak, warung yang berada tepat di samping tanggul Sungai Brantas ini menciptakan suasana santai saat menyantap berbagai masakan di Warung Semox. Warung ini berlokasi di Desa/Kecamatan Megaluh, Jombang. Atau tepat di sisi barat Pasar Megaluh.

Baca Juga : Sambut Kedatangan Vaksin Covid-19, Dinkes Kota Malang Siapkan Data Nakes

 

Kebanyakan para pengunjung memilih makan di tepi Sungai Brantas. Sambil menikmati makanan, pengunjung bisa menikmati udara segar dan juga dimanjakan oleh perahu penyeberangan yang lalu lalang.

Untuk lebih bisa mendapatkan suasana yang indah, pengunjung yang hendak makan di Warung Semox agar datang di saat waktu petang. Karena saat waktu petang, suasana Sungai Brantas akan dihiasi perahu penyeberangan yang ramai dengan kemilau lampu hias. Sehingga memunculkan sensasi yang berbeda dari tempat makan lainnya.

"Suasananya enak, santai dan sejuk udaranya. Kalau ke sini enak waktu menjelang magrib, bisa lihat lampu-lampu perahu penyeberangan," ujar salah satu pengunjung, Yulia Ika (28), saat diwawancarai di lokasi, Sabtu (24/10).

Warga Kelurahan Jombatan, Kecamatan Jombang itu mengaku sering memilih berkuliner di tempat tersebut setiap akhir pekan. Selain suasananya yang santai, rasa masakannya pun cukup memanjakan lidahnya.

"Paling saya suka nasi trancam dan ayam panggangnya. Banyak pilihan masakan, tapi itu memang yang paling enak menurut saya. Harga pun tergolong murah," tandasnya.

Pemilik Warung Semox, Dwi Adi Marboro mengatakan warung tersebut baru dirintisnya 6 tahun lalu. Selama itu, ia mengaku usahanya tak pernah sepi. Lokasi yang berdekatan dengan Sungai Brantas itu, tak dipungkiri membuat warungnya ramai diserbu pelanggan.

"Kalau makan di sini, tempatnya banyak, tapi kalau mau suasana lebih indah, biasanya dibawa ke pinggir Sungai Brantas. Di tepi Sungai Brantas itu, juga jadi daya tarik warung ini memang. Selain kenyang, ada sensasi pemandangan indah juga di sana," ujarnya.

 

Baca Juga : Awalnya Coba-Coba, Kopi Rasa Bir tanpa Alkohol Racikan Barista Kediri Digemari

 

Dikatakan Adi, banyak macam makanan yang ia tawarkan ke para pelanggannya. Masakan yang disajikan ia banderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni rata-rata Rp 10 ribu.

 

Untuk berkunjung ke Warung Semox, tempat makan milik Adi ini dibuka sejak pukul 14.30 sampai 2.30 dini hari. "Ada banyak menunya di sini, mulai rawon, soto, lodeh, pecel, sambelan juga ada. Tapi yang paling khas di sini nasi trancamnya," pungkasnya.(*)