Pantai Sanggar Tulungagung (jejakpiknik.com)
Pantai Sanggar Tulungagung (jejakpiknik.com)

Pantai yang pernah dijadikan lokasi berkemah warga asing ini bernama Sanggar, tempatnya di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Selain dikenal keindahannya, pantai Sanggar masih tergolong alami dan layak dijadikan tempat menenangkan diri.

"Datang ke sini cukup berat (medannya, red) tapi menantang. Justru ini yang saya cari," kata Andrian, wisatawan asal Mojokerto yang datang bersama teman-temannya sejak Sabtu (24/10/2020) kemarin.

Baca Juga : Genjot Perekonomian, Kampung Topeng Jadi Alternatif Wisata Kota Malang di Tengah Pandemi

 

Untuk mencapai lokasi ini harus melewati jalan kecil di antara area perkebunan milik warga. Beruntung beberapa hari ini panas, jika hujan jalanan akan sulit dan licin.

"Kesulitan selama perjalanan terbayar lunas di sini, senang rasanya," ujarnya, Minggu (25/10/2020).

Pantai Sanggar bisa dikatakan sebagai pintu masuk untuk mencapai lokasi lain yang sama indahnya. Diantaranya ada pantai Ngalur, Jung Pakis dan Pathuk Gebang.

Bukan saja para wisatawan, di tempat ini juga merupakan tempat favorit pemancing.

"Mancing di sini kadang saya bisa seminggu tak pulang," kata Bambang, pemancing asal Kediri.

Baca Juga : Dukung Sektor Wisata, Bus DAMRI Buka Trayek Malang-Balekambang-Sendangbiru, Tiket hanya Rp 50 Ribu

 

Di sela batu-batu karang, pemancing harus hati-hati dengan ombak yang terkadang datang tiba-tiba. "Harus memahami karakter lokasi, di sini berenang saja tidak boleh karena memang sangat bahaya," ungkapnya, menunjukkan lokasi.

Jika bosan di rumah atau bingung pilihan di akhir pekan, pantai Sanggar merupakan pilihan tepat untuk ngedem pikir (menenangkan diri) dari masalah yang dihadapi