Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images)
Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images)

Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Blitar, dilaporkan kembali naik. Data Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar pada 24 Oktober 2020 mencatat tambahan 18 kasus konfirmasi positif. Dari jumlah tersebut 14 diantaranya merupakan santri salah satu pondok pesantren (ponpes) di Kecamatan Udanawu.

Dikatakan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti, secara keseluruhan di ponpes Udanawu ada 28 santri yang terpapar Covid-19. Sebelumnya, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar  telah melakukan tes swab kepada 31 santri yang menunjukkan gejala ringan mengarah ke Covid-19. 

Baca Juga : Cegah Covid-19, Kue Masker Asal Bondowoso Ini Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

“Secara kumulatif ada 28 santri yang positif Covid-19. Data di tanggal 22 Oktober tercatat ada 7 santri yang positif, kemudian pada 23 Oktober ada 7 santri yang terkonfirmasi positif.  Dan terakhir pada 24 Oktober ada lagi tambahan 14 santri yang terkonfirmasi positif Covid-19. Secara keseluruhan jumlahnya ada 28 santri yang positif,” terang Krisna kepada awak media, Minggu (25/10/2020). 

Sebelumnya di lokasi yang sama pada awal Oktober lalu, terdapat 15 orang santri tarekat yang dilaporkan positif terpapar Covid-19.  Kelimabelas santri ini langsung mendapat penanganan dari Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar. Satgas Covid-19 langsung melakukan Tracing, Testing dan Treatmen langsung kepada kontak erat para santri tersebut.

Sebagai antisipasi penyebaran Covid-19, Satgas Penanganan Covid-19 meminta seluruh penghuni dan warga pondok untuk karantina. Artinya, yang di dalam tidak boleh keluar dan yang dari luar dilarang masuk atau menjenguk para santri. 

“Kami pastikan tidak ada penanganan yang salah. Kami sudah melakukan tracing di lapangan. Kemarin yang di swab dengan gejala ringan ada 31 orang dan diawal-awal yang sudah keluar hasil tes swabnya. Dan mereka ini sudah isolasi sejak diambil tes swabnya," tuntasnya.

Baca Juga : Semarak Hari Santri, LKNU Pamekasan Jamin Mutu Kesehatan Santri di Tengah Pandemi Covid-19

Sekedar diketahui, secara keseluruhan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Blitar mencapai angka 736 kasus. Dari jumlah tersebut 636 dinyatakan sembuh dan 52 meninggal dunia.