Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat memberikan  pesan kepada seluruh anggota pramuka Kota Kediri.(ist)
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat memberikan pesan kepada seluruh anggota pramuka Kota Kediri.(ist)

Kota Kediri menjadi salah satu zona untuk kegiatan East Java Green Scout Innovation 2020 yang sudah diselenggarakan mulai Juli 2020. Tepat hari ini, Jumat (16/10/20), dilakukan penutupan kegiatan ini yang berlangsung di SMP Negeri 2 Kota Kediri. 

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar selaku ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Kediri turut hadir sekaligus memberikan pesan kepada seluruh anggota pramuka Kota Kediri.

Baca Juga : Pendaftaran Calon Anggota Dewan Pendidikan Kota Malang Segera Ditutup, Begini Tata Caranya

Abdullah Abu Bakar menceritakan kegiatan East Java Green Scout Innovation 2020  ini merupakan contoh kegiatan kolaborasi yang luar biasa.  “Ini namanya kolaborasi yang sempurna. Hari ini memang sangat dibutuhkan sekali kolaborasi yang sangat baik. Karena sudah bukan zamannya kita berlomba-lomba yang tidak karuan. Tapi kalau kita bisa berkolaborasi, maka saya yakin kita akan bisa berinovasi yang sangat besar. Banyak sekali inovasi yang lahir dari kolaborasi ini. Khususnya yang saya lihat disini sangat nyata yang dilakukan oleh pramuka. Dan  mudah-mudahan kita terus bisa berkolaborasi baik di Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur untuk mendanai pramuka dalam membuat kegiatan yang lebih membawa manfaat, khususnya bagi masyarakat Kota Kediri,” ungkapnya.

Lebih lanjut, wali kota  juga memberikan pesan kepada pramuka Kota Kediri bahwa selain menjadi agent of change di dalam sikap kemandirian, pramuka Kota Kediri juga harus menjadi agent of goodness. Sebab,  di tengah pandemi saat ini sangat perlu untuk menangkal hoax yang marak beredar.  "Sehingga bisa tercipta negara yang lebih maju dan bermanfaat,” tambahnya.

Di Kesempatan yang sama, Plt Kepala Kwarda Jatim AR Purmadi juga menyampaikan  bahwa kegiatan ini memiliki konsep yang membawa tiga manfaat. Yaitu bermakna, berkesan dan berdampak. 

Bermakna dalam arti sebuah media mengembangkan potensi diri bagi pramuka untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks di masa kini dan masa depan. Kemudian berkesan maksudnya adalah berkesan bagi siapa pun yang terlibat dalam kegiatan ini. Serta yang terakhir berdampak memiliki makna bahwa program ini bisa berdampak kepada masyarakat luas.

Untuk diketahui, kegiatan East Java Green Scout Innovation 2020 ini merupakan kegiatan yang diadakan oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda) Jawa Timur. Pesertanya adalah pramuka penegak/pandega.

Kegiatan ini dilaksanakan di 11 zona Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) di Jawa Timur. Yakni Kabupaten Ponorogo, Kota Madiun, Kabupate  Bangkalan, Kota Malang, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Lamongan, dan Kota Kediri. 

Baca Juga : Guru Besar UIN Malang Ungkap Tingginya Angka Kriminalitas dan Perceraian di Masa Pandemi

Untuk kegiatan East Java Green Scout Innovation di Kota Kediri, dilakukan bedah 8 rumah di Kelurahan Ngronggo dan Kaliombo. Juga bantuan sembako 150 paket untuk masyarakat Kelurahan Kaliombo, bantuan tempat sampah 100 buah, gerobak sampah untuk kelurahan, serta pemasangan gapura jalan dan pengecatan pagar sebagian warga di Kelurahan Kaliombo.

Turut hadir dalam acara ini, Ketua Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur Wara Sundari Renny Permana, Kapolresta Kediri AKBP Miko Indrayana, Ketua Kwartir Cabang Kota Kediri Maki Ali, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Siswanto, lurah Kaliombo dan pengurus Kwarcab Pramuka Kota Kediri.